A+ A A-

Pilar Budaya Tionghoa - & Nestorian

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Jika kita menilik sejarah Tiongkok, agama Kristen sudah ada pada jaman dinasti Tang. Walau agama Kristen yang masuk pada dinasti Tang memiliki perbedaan dogma dibandingkan agama Kristen Katolik atau Protestan tapi tetap Kristen Nestorian merupakan bagian dari agama Kristen.Pengadopsian agama Kristen Nestorian terhadap budaya dan filsafat Tionghoa dapat dibaca pada prasasti batu agama Nestorian. Dan tulisan mengenai prasasti batu itu pernah dimuat di milist ini, bagi mereka yang ingin mengetahuinya silahkan gunakan mesin pencari.Budaya Tionghoa dari luar memiliki 3 pilar tapi dalamnya jugamemiliki 3 pilar pula.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Pilar Dalam

  1. He Gong yang berarti keselarasan dan kebersamaan
  2. Xiao Zhong yang berarti bakti dan kesetiaan terhadap 4 hal yaitu, Tiandi ( cat: Langit dan Bumi, bisa dikatakan sebagai the CREATOR dandalam kehidupan nyata diwakili oleh kedua orangtua kita ), Jun ( cat: pemimpin atau negara ), Qing ( cat: kerabat keluarga dan leluhur ), Shi (cat: guru atau orang yang mengajari kita ).
  3. Zhong Yong atau jalan tengah selaras, dimana zhongyong diartikan dalam banyak aspek kehidupan termasuk menjaga keseimbangan alam.


Pilar Luar

  1. Penghormatan leluhur, dimana aspek ini paling banyak terlihat. Para "dewa" mereka juga merupakan leluhur seperti Guan Gong yang bermakna kakek Guan. Jadi alangkah salahnya orang yang mengartikan Guan Gong sebagai dewa.
  2. Budaya makanan, belum lama ini perayaan musim gugur dirayakan oleh mayoritas orang Tionghoa pasti mengenal makanan khas yang disebut kue bulan.
  3. Budaya keluarga, sistem kekerabatan yang menurut "kacamata" luar teramat rumit tapi memiliki sistem yang rapi dan baik.

Semoga kita semua bisa saling harga menghargai dan mulai mengerti apa yang dimaksud dengan budaya Tionghoa.

Hormat saya ,
Xuan Tong

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/60-pilar-budaya-tionghoa--nestorian

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto