A+ A A-

Zhouhuo - Rumo , Kondisi Fisik -Mental Dalam Latihan Qi Gong

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Zhou huo dan Ru mo adalah dua konsep yang berbeda. Mayoritas menganggap bahwa zhou hu ru mo adalah satu konsep. Mungkin karena yang dipelajari adalah Fa Lun Gong yang berbeda dengan yang saya ketahui.Zhou Huo bisa dikatakan adalah kondisi fisik. Berbeda dengan Ru Mo yang berkaitan dengan mental. Zhou Huo secara sekilas sudah saya jelaskan pada tulisan saya sebelumnya.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Secara keseluruhan qi gong mengenal 3 konsep pelatihan yaitu:
1.jing zhou untuk merawat pikiran
2.tu na pernafasan yang benar
3.dao yin memancing dan memandu qi.

Jadi aliran qi gong jenis apapun HARUS memiliki 3 komponen pelatihan tersebut. Dan jika dao yin dilatih dengan benar maka kemungkinan zhou huo akan menjadi amat sangat kecil. Tapi pola berpikir itu yang amat menentukan apakah bisa menjadi ru mo atau tidak. Karena itu diperlukan jing zhuo yang dilandasi moralitas dan perilaku yang luhur sehingga bisa mengembangkan diri kita menjadi lebih baik lagi. Oleh sebab itu banyak aliran-aliran orthodox menekankan Jie atau larangan terlebih dahulu dan memfokuskan kepada moralitas baru berbicara masalah teknik pelatihan. Karena itu aliran-aliran orthodox tidak populer dan tidak laku pada masa serba instant ini.

 

Banyak orang yang membaca cerita silat atau menonton film silat sering terjebak kepada kata-kata meridian ren dan du belum tembus atau baru tembus. Dan seolah-olah susah sekali menembusi meridian ren dan du. Ini adalah salah kaprah karena menembusi meridian ren dan du mudah , paling cepat 3 hari paling lambat 1 bulan asal melatih jing zhuo dan tu na minimal 2 X 20 menit/hari. Terlihat sulit karena ada tanggung jawab moral shifu ketika mengajarkan teknik penembusan itu. Shifu harus mengetahui moralitas siswanya dan meletakkan moralitas serta perilaku yang baik kepada siswa-siswanya. Jadi tidak langsung diajarkan ketika kita mau belajar,inilah yang membuat terlihat lama. Dan harus menembusi 6 mai lainnya itu yang memerlukan ketekunan.

Bicara pelatihan Tai Ji misalnya , selain Tu Na yang benar juga harus dao yin yang benar. Pada saat posisi tertentu , titik wei lv harus segaris dengan bai hui. Atau pada saat gerakan tertentu , qi harus mengalir melalui titik shou san li. Jadi tidak sekedar bicara peng , li , ji , an saja pada saat mempelajari Tai Ji. Tai Ji quan yang jarang dikenal oleh umum adalah Xuan Men Tai Ji atau Tai Ji yang terdiri dari 13 gaya. Dan dipercaya bahwa Zhang SanFeng yang menciptakan Tai Ji 13 gaya tersebut. Jika anda mempelajari Dan Ding maka makna Shen tidak terbatas pada pengertian "DEWA" belaka tapi berkaitan dengan semangat. Konsepnya adalah Lian Jing Hua Qi , Lian Qi Hua Shen , Lian Shen Huan Xu. Pada saat membicarakan pelatihan qi menjadi shen apakah kita mengecilkan maknanya pada kata "melatih qi menjadi dewa" ?

Semoga anda paham dan melihat sisi lain dari teknik pelatihan aliran lain.

hormat saya ,
Xuan Tong

Budaya-Tionghoa.Net|11789

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/603-zhouhuo-rumo--kondisi-fisik-mental-dalam-latihan-qi-gong

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto