A+ A A-

Shaolin Merupakan Nama Vihara

  • Written by  Huang Di
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

 

 

 

 

[Photo Courtesy : by  Don-kun , Shaolin Monastery , 2006]

Budaya-Tionghoa.Net | Shaolin adalah nama vihara bukan nama gunung. Nama gunungnya adalah Song Shan. Sebelum Damo kesana , telah ada yang namanya vihara Shaolin. Salah satu tokohnya adalah Sheng Guang yang bisa beladiri. Sheng Guang pernah memamerkan kemampuan bisa bersalto tanpa henti 500 kali dibibir sumur. Damo menggabungkan Yoga dengan teknik Daoyin.

Sekolah beladiri yang ada di gunung Song Shan dan berlabel Shaolin itu adalah EPO Shaolin Wushu (Martial Arts School ). Dan direktur EPO Liang Jizhong ini juga turut datang ke Indonesia dan disertai pelatihnya Tian HaoFeng. Jadi ini adalah pure murni bisnis yang menjual nama besar Shaolin Temple itu sendiri.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Perkembangan beladiri Shaolin juga tidak luput dari pengaruh orang luar. Misalnya jendral Qi Jiguang. Juga tokoh Shaolin Jue Yuan yang disebut-sebut namanya dalam kisah To Liong To memang benar exist dan berjasa dalam pengembangan beladiri Shaolin terutama mengundang ahli-ahli beladiri ternama , misalnya si raja pedang Lie dan bertukar ilmu serta pengetahuan.

Sesungguhnya jauh sebelum vihara Shaolin berdiri telah ada satu perguruan beladiri yaitu Qing Cheng yang berada di gunung Qingcheng. Tapi tidak terkenal serta bersifat eksklusif , tapi ada sumbangsih yang terkenal yaitu mesiu. Salah satu tokoh Qingcheng yaitu Lv Siniang juga pernah dimasukkan oleh pengarang silat Liang Yusheng.

Shaolin mulai terkenal sejak 13 orang dari Shaolin melindungi Li Shiming dari kejaran Wang Chong dan Wang Renzhi. Serta 30 orang yang melawan bajak laut Jepang. Kemudian dipopulerkan oleh Shaw Brothers dimana salah satu art director atau sutradara laga adalah Liu Jialiang yang merupakan cucu murid Huang Feihong , dimana Huang sendiri adalah murid tidak langsung dari Shaolin selatan.

Shaolin selatan atau juga yang sering disebut Nan ShaoLin yang dibakar oleh kaisar Yongzheng dari dinasti Qing,karena
menampung para pemberontak. Dan ada bhiksu pengkhianat Shaolin yaitu Yuan Kong. Kalau tidak salah terletak di Pu Tian , propinsi Fu Jian / Hokkian.

Dan tidak semua berasal dari Shaolin , misalnya Ba Ji Quan , Ba Gua Zhang , Tai Ji quan , Tian Gang Quan. Yang berasal dari Shaolin selatan antara lain adalah Wu Zhu Quan. Xing Yi Quan itu konon berasal dari jendral Yue Fei yang melatih
tentaranya dengan teknik Xing Yi Quan.

Kalau Xin Yi Quan itu benar berasal dari ShaoLin. Dan Yung Chun Quan itu memang kembangan dari ex murid Shaolin , dan masih ada lagi misalnya Xiao Hong Quan , Mei Hua Quan , Lian Huan Chuan Xin Tui, Nan Fang Wu Ying Jiao.

Di Jepang , Shorinji itu kalau dibaca adalah Shao Lin Shi / vihara ShaoLin yang dikembangkan oleh ex tentara Jepang(lupa namanya) yang muak akan kekejaman tentara Jepang.

Beliau kemudian menjadi bhikku di Shaolin yang ada di gunung Song Shan dan kembali ke Jepang. Kempo adalah Gong Fu yang bisa diartikan latihan menahun dan tekun sehingga menjadi hebat dan GongFu itu tidak selalu identik dengan beladiri.

Budaya-Tionghoa.Net |Mailing-List Budaya Tionghoa

 

Last modified onThursday, 04 October 2012 06:14
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/611-shaolin-merupakan-nama-vihara

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto