Logo
Print this page

Drama "For the Sake of the Republic" [2003]

Budaya-Tionghoa.Net | Film seri "Towards the Republic" atau "For the Sake of the Republic" "Zou Siang Gong He" [CCTV , 2003] terdiri dari 60 episode. Ditayangkan dari bulan April sampai May 2003. Setting waktu berlangsung dari masa pemerintahan kaisar Guang Xu sampai masa Republik [dalam film ini 1890-1917], sebuah periode kritis dalam sejarah Tiongkok. Film ini dalam beberapa skenarionya sempat mengundang kontroversi dan perdebatan di kalangan sejarahwan dan perfilman tahun lalu, misalnya peristiwa wafatnya Kaisar Guang Xu yang merupakan spekulasi dari penulis skenario film ini dan beberapa fakta sejarah lainnya. Jadi film ini juga bukan menceritakan kembali sejarah tanpa polesan seperti film dokumenter.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Beberapa figur sentral dalam sejarah Tiongkok juga ada dalam film ini seperti Empress Dowager Cixi , Kaisar Guang Xu , Li Hongzhang , Yuan Shikai , Kang Youwei , Liang Qichao dan Sun Yatsen. Secara mengejutkan figur Yuan dan Empress Dowager Cixi digambarkan secara positif dalam drama ini.

Analisis Historis :

Yuan dalam sejarah memang ditulis meninggal karena sakit, namun karena ia meninggal dalam kebencian dan kemarahan banyak kalangan termasuk dari bawahannya sendiri, maka sangat besar kemungkinan ia dibunuh oleh bawahannya sendiri. Namun, yang penting adalah sepeninggalnya, warlord2 bawahannya mulai berperang saudara dan merebut kekuasaan. Ini yang kemudian menyebabkan Sun Yat-sen mendirikan Sekolah Militer Huang Pu untuk mengimbangi kekuatan bersenjata warlord2 ini. Perpecahan waktu itu kira2 sama dengan gubernur2 atau penguasa daerah yang berperang satu sama lain dalam Sam Kok di penghujung Dinasti Han atau Warring States Period (Jhan Guo Shih Dai) di penghujung Dinasti Zhou.

Yuan adalah seorang yang sangat antagonis dalam sejarah. Ia menghalalkan segala cara untuk mendapatkan yang ia inginkan, termasuk mengkhianati rakyat yang mempercayainya untuk meneruskan revolusi setelah pendirian Republik pertama di Asia. Ia mengumumkan pembubaran Republik dan berdirinya Chung Hua Empire (Chung Hua Di Guo) yang monarki absolut dengan ia sebagai Kaisar-nya pada tahun 1916. Ia kemudian juga meninggal pada tahun yang sama.

Mengenai pembunuhan lawan2 politiknya, memang merupakan rahasia umum bahwa Sung Jiao-ren dibunuh atas perintah Yuan. Sung terbunuh oleh tembakan pistol di atas kereta api yang ditumpanginya dari Shanghai ke Nanjing pada 20 Maret 1913. Pada waktu itu, ia ingin menghadiri pertemuan atas undangan Yuan ke Beijing. Pada waktu itu di Shanghai telah terdengar suara2 bahwa ia termasuk dalam daftar lawan politik yang akan dibunuh Yuan karena kiprahnya membesarkan Kuomintang. Ia telah dicegah oleh teman2nya untuk menghadiri pertemuan ke Beijing, namun ia tidak takut akan selentingan tersebut.

Ia bersama Sun adalah aktor yang mempersatukan Partai Republik Unifikasi, Partai Rakyat, Asosiasi Kemajuan Rakyat dan Asosiasi Kemajuan Republik menjadi sebuah partai Kuomintang. Pada waktu itu, Kuomintang berusaha menggalang dukungan untuk mendudukkan lebih banyak wakil dalam pemilihan badan legislatif yang dicita2kan mereka setelah pemerintahan sementara Republik terbentuk. Ia pernah duduk menjadi Menteri Kehutanan dan Pertanian dalam kabinet bentukan Yuan, namun mundur karena ketidakpuasannya terhadap Yuan yang dianggapnya tidak pro-demokrasi dan mengkhianati revolusi.

Selanjutnya, diketahui Yuan memerintahkan PM dalam kabinetnya,  Zhao Bing-jyun melakukan pembunuhan Sung. Zhao kemudian melalui perantara menghubungi seorang bernama Ying Gui-shing. Dialah yang mencari pembunuh bayaran untuk menghabisi Sung. Pada bulan berikutnya, pembunuh Sung berikut Ying Gui-shing ditangkap atas tuduhan pembunuhan Sung. Namun pembunuh Sung terbunuh di tahanan malam sebelum pengadilan atas kasus itu dimulai.

Pada suatu kesempatan, Ying meloloskan diri dari penjara dan meminta imbalan yang dijanjikan Yuan kepadanya atas keberhasilan pembunuhan Sung. Yuan menepati janjinya, namun kemudian juga memerintahkan pembunuhan Ying yang kemudian ditemukan tewas di atas kereta api yang ditumpanginya sewaktu melarikan diri ke selatan. Zhao yang kemudian mengetahui kasus ini mengajukan protes kepada Yuan, namun ia kemudian dibunuh Yuan melalui dokter yang memberikannya racun dalam obat sewaktu Zhao sakit.

Data :

"For the Sake of the Republic", "Zou Siang Gong He"| 2003 |  Ma Shao Hua , Li Guang Jie , Sun Chun , Shi Jiali , Lu Zhong | | Alan Mak , Felix Chong | Drama Mandarin | 60 Episode - 20 Disc | Rilis 2004 |

Last modified onMonday, 08 October 2012 07:12
Rate this item
(0 votes)
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/692-drama-for-the-sake-of-the-republic-2003?tmpl=component&print=1
Budaya Tionghoa Copyright © 2003 - 2013 .