A+ A A-

Keraguan Terhadap Karya Gavin Menzies

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Bukannya menganggap tulisan Gavin Menzies itu salah, tapi meragukan sesuatu itu adalah hal yang wajar.  Boleh saja beliau adalah seorang  ahli kartografi dan pensiunan kapten kapal selam. Gavin Menzies sendiri mengakui bahwa ia kurang paham akan  sejarah dan budaya Tiongkok.

 

Anehnya kenapa tempat-tempat yang disebutkan oleh Gavin Menzies itu tidak ditulis secara akurat oleh Ma Huan atau Fei Xin ? Sedangkan kita bisa tahu dengan jelas perilaku masyarakat yang dikunjungi berdasarkan tulisan Ma Huan dan Fei Xin. Mungkin memang ada missing link disini yang harus lebih diteliti lebih lanjut. Masalah jagung, berdasarkan catatan sejarah yang saya ingat, jagung baru masuk ke Tiongkok setelah adanya orang barat yang datang.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Satu hal lagi adalah pernyataan Gavin Menzies mengenai tulisan J.J.L Duyvendak, yang dikatakan bahwa ada 3000 negara. Sebenarnya yang ditulis oleh Zheng He adalah ZhanCheng ( Campa ), San Fo Qi ( Palembang ),Zhao Wa ( Jawa ), Xian Lo ( Siam ), Xi Lan Shan ( Ceylon ), Gu Li ( Calicut ), KeZhi ( Cochin ), Hulumosi (Hormuz), Adan ( Aden ) Mogudushu ( Mogadishu ), semuanya 30 negara dan total pelayarannya adalah 100.000 li. Ingat total pelayarannya selama ekspedisi yang dipimpinnya


Menzies juga mengungkapkan bahwa di Tanjung Verde ada batu yang ditulis dengan bahasa asing, sehingga akhirnya diketahui bahwa batu itu ditulis dengan bahasa Malayalam, sungguh aneh jika Zheng He menuliskan prasasti dengan 1 bahasa ditempat yang amat asing. Rata- rata prasasti yang dibuat oleh Zheng He menggunakan bahasa Tionghoa. Sungguh aneh, sempat mengirim photonya ke Xi An kemudian tidak ketahui bahasa apa dan dicek ke India, tapi hingga akhir buku itu saya baca, saya tidak menemukan apa isi tulisan batu prasasti itu.

Mungkin anda bisa membantu saya memecahkan beberapa hal yang menurut saya agak aneh ini ? Jika saya sempat dan mau menulisnya lagi, bisa saya buat puluhan hal- hal yang membingungkan saya sebagai orang yang awam akan budaya dan sejarah Tiongkok.


Hormat saya,

Xuan Tong

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/71-keraguan-terhadap-karya-gavin-menzies

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto