A+ A A-

Karma dan Tao

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Konsep "karma" menurut Taoism mainstream menggunakan istilah daoguo, chengfu, chenfu untuk menjelaskan beberapa kondisi karma yang terkait dengan diri kita.

Artikel Terkait

{module [201]}

Karma warisan ini diwariskan melalui genetik dan melalui warisan sifat. Taoism percaya bahwa manusia mewarisi bibit karma turunan baik dalam bentuk penyakit maupun perilaku. Karena itu Taoism juga menekankan bahwa pelatihan diri mencakup dua  hal yaitu memperbaiki tubuh dan memperbaiki perilaku yang mungkin saja memiliki sifat genetik buruk dari leluhur kita.

Karma lainnya adalah karma lingkungan dimana kita terkait dengan lingkungan sekitar dan kita merupakan bagian dari macrocosmos. Taoism percaya dengan merusak lingkungan maka lingkungan akan berbalik menerkam kita. Atau lingkungan janin yang tumbuh dalam lingkungan buruk, maka bisa mempengaruhi janin tersebut.

Dalam semboyan mereka yang terkenal adalah "Takdirku bukan berada di tangan mahluk Adi Kodrati", bukan berarti mereka mencoba melawan mahluk Adi Kodrati atau yang kita sebut Tuhan.

Mereka mempercayai bahwa aturan sudah ada sejak awal terbentuknya alam semesta dan kalau saya gunakan istilah, "dao" kecil bukan DAO besar. Dan semua memiliki tanda atau isyarat yang hanya bisa ditangkap oleh mereka yang memperhatikan dao atau jalan.

Xuan Tong

Budaya-Tionghoa.Net | 33752

Last modified onThursday, 02 August 2012 05:47
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/718-karma-dan-tao

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto