A+ A A-

Bagian Dalam Kuburan Tionghoa

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Saudara Rinto dan King Hian  sudah menuliskan bagaimana penulisan batu nisan , Untuk melengkapinya, saya mencoba menggambarkan bagian-bagian dari kuburan. Sayangnya saya tidak memiliki photo kuburan, semoga tidak ada yang bingung. Kuburan Tionghoa terdiri dari dua bagian utama.  Yang pertama adalah "mu qiu" atau tempat dimana peti jenazah dikuburkan. Mu gui ( bukit kuburan). Saya sebut bagian pertama untuk tidak membingungkan.

 

Artikel Terkait:

{module [201]}

Bagian ke dua itu terdiri dari beberapa bagian. Ada tembok yang mengelilingi mu gui, bagian depan disekeliling dibelakang batu nisan disebut mu an qian kao (  tembok yang mengelilingi peti jenazah dikuburkan ) dan dibagian belakang disebut mu an hou kao.

Tepat dibelakang batu nisan, disebut mu jian atau bahu. Didepan batu nisan ada meja. Jika kita ke kuburan orang Tionghoa, kita bisa lihat di sisi kiri dan kanan depan batu nisan ada bangunan atau tembok yang mengelilingi ruang di depan batu nisan.

Bangunan itu disebut qu shou ( lekukan tangan ) dan kadang disebut mu shou atau tangan kuburan. Kemudian ada altar untuk Hou Tu ( ratu bumi atau bunda bumi ). Jika tidak ada altar Ratu Bumi biasanya digantikan dengan altar Tudi gong (kakek bumi ) atau Fushen ( dewa rejeki ). Paling depan dibagian ke dua adalah mucheng atau tembok yang membatasi kuburan (  wilayah yin ) dengan tempat diluar.

Kuburan yang tidak ada mu an, tetap memiliki mu shou. Ini melambangkan yang meninggal itu tetap menjadi satu bagian dari keluarga yang ditinggalkan.

Mucheng dibuat karena berdasarkan keyakinan bahwa diantara dua dunia itu memiliki pembatas.

Fungsi mu an semacam benteng dari erosi tanah yang disebabkan oleh hujan dan bentuk kuburan yang bulat sebenarnya memiliki fungsi sebagai pembuangan air.

Untuk ukuran kuburan, biasanya menggunakan meteran fengshui. Meteran fengshui ini sebenarnya terbagi dua bagian yaitu meteran Wengong dan meteran Dinglan. Meteran yang digunakan untuk kuburan adalah meteran Dinglan.

Menurut kepercayaan Tiongkok purba, manusia yang meninggal adalah Yin dan kembali ke Yin atau bumi. Dan bumi direpresentasikan sebagai Ratu atau Bunda.

Hormat saya,
Xuan Tong


PS : Saya harap jika ada kawan-kawan yang memiliki photo kuburan Tionghoa yang seperti saya gambarkan diatas boleh kirimkan kepada saya, sehingga saya bisa mengupload gambar tersebut lengkap dengan keterangan yang rinci.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 10 October 2012 06:07
Rate this item
(2 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/719-bagian-dalam-kuburan-tionghoa

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto