A+ A A-

Masalah Pencipta Taiji Quan

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email
Shang Zhanfeng
 
Photo : China Daily
Budaya-Tionghoa.Net | Memang ada beberapa orang yang meragukan Zhang Sanfeng itu yang menciptakan Taiji Quan 太极拳 (Taichi Chuan) . Saya termasuk salah satu orang yang meragukan itu walau banyak yang mengatakan bahwa Zhang Sanfeng 張三丰 menciptakan Taiji (Taichi) 13 jurus dan konon Taiji 13 jurus inilah sumber atau asal dari segala jenis aliran atau jurus Taiji lainnya.

Hal yang meragukan saya adalah Zhang Sanfeng tidak pernah menuliskan buku panduan berlatih Taiji sedangkan Jueyuen Dashi atau Kut Goan Taishu dalam cerita To Liong To karangan Jin Yong benar-benar mengarang buku panduan beladiri, misalnya 73 Shan Shou.


Zhang Sanfeng memang meninggalkan catatan bagi murid-muridnya, yaitu catatan mengenai meditasi dan gerakan Daoyin, misalnya kitab Xuanyao Bian, Jindan Mijue.

Taiji memang termasuk teknik daoyin ( gerakan DaoYin atau gerakan memancing dan memandu qi ). Jika memang Zhang SanFeng memang yang menciptakan jurus TaiJi, sewajarnya meninggalkan catatan mengenai jurus Taiji.

Memang ada kemungkinan Zhang Sanfeng menciptakan jurus Taiji, tapi bisa juga lebih dipengaruhi oleh jurus beladiri yang lebih kuno, yaitu jurus Taiyi Wuxing.

Banyak jurus beladiri Taoism memang tidak semua jelas siapa penciptanya, bahkan ketika beredar ke masyarakat juga banyak yang tidak jelas.

Misalnya tinju Baji, tinju Baji ini meluas di kalangan suku Hui di Tiongkok. Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, jurus ini diajarkan oleh seorang Taoist yang tidak pernah menyebut secara jelas namanya, yang dikenal hanya marganya adalah Lai.

Taoist seperti ini lebih sering disebut Yinshi. Baji quan ini bisa dikatakan merupakan opposite dari Taiji quan, semua dalilnya bisa dikatakan berlawanan dengan Taiji quan


Juga kita perlu ingat banyak penulis di Tiongkok jaman dahulu itu ketika menulis, banyak yang menuliskan seolah-olah ditulis oleh orang-orang terkenal.

Misalnya Huangdi yang sering dipakai namanya seolah-olah menjadi anggapan bahwa Huangdi itulah yang menulis. Mungkin juga hal ini terjadi pada jurus Taiji.

Baca juga : http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1355-jue-yuan--guru-dari-zhang-san-feng-figur-populer-dalam-to-liong-to

Budaya-Tionghoa.Net |Mailing-List Budaya Tionghua

 

Last modified onWednesday, 14 August 2013 11:07
Rate this item
(2 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/75-masalah-pencipta-taiji-quan

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto