A+ A A-

Istilah Shinni

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net|  Dalam hadist disebut bahwa kata SHINNI bukan China. Shinni adalah sebutan umum orang Arab untuk Tiongkok , terlepas dari dinasti apapun. Sama seperti sebutan orang Tiongkok pada masa Tang dan pra Tang untuk Roma adalah Da Qin. Atau sebutan orang Yunani untuk Tiongkok adalah Seres. Kita tidak akan menemui istilah Da Qin dalam sejarah Roma atau Seres dalam sejarah Tiongkok.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Jadi tidak ada hal yang aneh disini , karena sebutan yang lumrah bagi suatu daerah yang digunakan oleh bangsa lain. Misalnya orang Tionghua menyebut JiuJin Shan untuk San Fransisco . Jelas tidak ada istilah JiuJin Shan di Amerika , sebutan itu hanya ada di kalangan orang Tionghoa.Contohnya seb.utan China pada masa Qing dan Repulik , jelas-jelas mengacu kepada suatu wilayah yang kita sebut secara umum yaitu Tiongkok.

Soal sekolah tinggi , seingat saya banyak dikirim pelajar-pelajar dari Korea , Jepang untuk mempelajari tata cara pemerintahan , budaya , teknologi , pengobatan dan lain-lain pada masa dinasti Tang tersebut. Jadi tidak selalu mempelajari Taoism atau Buddhism. Bahkan universitas Buddhism yang terbesar itu ada di Sriwijaya dan konon Fa Xian belajar disana. Dan yang umum dan populer adalah sekolah yang berbasis kepada konsep pendidikan Confuciusm. Misalnya BaiLu Dong ShuYuan



hormat saya ,

Xuan Tong

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/77-istilah-shinni

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto