A+ A A-

Pandangan Daojiao Tentang Bencana

  • Written by  Daniel
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Menurut pandangan Daojiao maka semua fenomena adalah saling berkaitan. Walaupun hal ini masih menjadi perdebatan di kalangan ilmiah, tapi suatu simulasi matematis sudah membuktikan bahwa ada fenomena seperti itu di alam ini. Fenomena ini disebut Butterfly Effect. Taoisme juga berpandangan bahwa Da DAO wu qing, artinya TAO tidak pilih kasih.

 

Siapa saja bisa menjadi korban fenomena bencana alam tersebut. Akan tetapi karena premis pertama tadi, maka walaupun berjalan secara adil, maka bencana alam itu pasti juga merupakan tanda-tanda alam yang mencerminkan suatu kondisi tempat tersebut. Kalau kita lihat dengan sudut utilitasnya, maka adalah lebih
bermanfaat apabila suatu tanda alam tersebut digunakan sebagai cambuk bagi masyarakat untuk mengoreksi moralitas dan cara hubungan / sikap mereka terhadap alam.

Alam perlu dijaga dan dirawat. Manusia perlu hidup harmonis dengan alam. Melanggar Li (Íý) tersebut maka tentu akan menimbulkan bencana. Bila
(li) Íý kekurangan satu garis ke-Esaan maka akan menjadi 'terkubur' / mai Ëä. Esa disini jangan direduksi sekedar menjadi pandangan semawi "Tuhan yang
Maha Esa", tetapi memiliki makna yang mendalam. Lain kali saja kita bahas.

Mengenai prediksi, maka seseorang yang telah menembus san li (tianli, renli, dili) maka akan dapat memprediksi fenomena2 yang akan terjadi.
Beberapa relasi yang saya ketahui, sudah meramalkan bencana-bencana yang terjadi belakangan ini. Masalahnya, adalah orang-orang tersebut hidup untuk tidak mendahului kehendak langit (ÉÔ´º°ÙÅ·²¼Àè), sehingga menutup rahasia langit tersebut. Hanya orang-orang dekatlah yang diberi semacam pertanda simbolis.

Salam,
Daniel

Budaya-Tionghoa.Net |

TAUTAN INTERNAL  :

http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/20115


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan link aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/812-pandangan-daojiao-tentang-bencana

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto