A+ A A-

Hampir Punah : Musik Tradisional Hakka di Bandung

  • Written by  Du Mingjin
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Perkembangan musik tradisional China akhir-akhir ini secara umum cukup menggembirakan, hal itu bisa kita lihat dari adanya sebagian kecil dari kaum muda yang tertarik dan mulai mempelajari alat-alat musik tradisional China, seperti erhu, guzheng dan dizi.Kemunculan 12 Girls Band juga turut membantu memperkenalkan alat-alat musik tradisional China kepada generasi muda kita yang lahir di jaman orde baru .

Artikel Terkait:

{module [201]}

Akan tetapi, di balik hal-hal yang menggembirakan itu, saya masih mencemaskan kepunahan musik tradisional Hakka di Bandung ini. Hal ini dikarenakan minimnya jumlah generasi muda yang tertarik dengan musik tradisional Hakka ini. Kaum muda yang belajar alat-alat musik tradisional China lebih tertarik untuk memainkan lagu-lagu umum atau bahkan lagu-lagu pop, karena memang dari sisi bisnis, musik tradisional Hakka ini kurang begitu menjanjikan untuk dijual.

Saat ini beberapa orang yang tergolong ahli dalam musik tradisional Hakka sudah tidak aktif bermain musik lagi, sehingga jarang sekali ada kesempatan untuk melihat penampilan mereka.Saya tidak tahu apakah hal serupa terjadi juga di daerah Bangka Belitung atau di Singkawang Kalimantan Barat? Dimana populasi etnis Hakka cukup dominan?

Saya sendiri bukan orang Fuqing (Hok Chia) , bukan orang Hakka, tapi saya mencemaskan kepunahan musik tradisional Hakka di Bandung. Ironisnya, banyak generasi muda Hakka di Bandung yang tidak perduli atau lebih parah lagi tidak pernah tahu tentang musik tradisional Hakka ini.Oleh karena itu saya ingin mengundang dan mengajak mereka (generasi muda) yang tertarik untuk belajar dan melestarikan musik tradisional Hakka khususnya dan musik tradisional China pada umumnya.

Saya membuat sebuah website tentang Musik tradisional China di Indonesia, walaupun belum 100% selesai, tetapi website ini saya harapkan bisa memberi informasi tentang tempat-tempat belajar/latihan/group musik tradisional China di Indonesia. Sejauh ini hanya 3 kota saja yang tercantum, yakni Bandung, Surabaya dan Medan. Karena itu saya harapkan input/informasi dari rekan-rekan dari kota-kota lain tentang keberadaan musik tradisional China di tempat anda.

Alamat website saya : www.geocities.com/indoguoyue

Du Mingjin , 24 Mei 2004

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/839-hampir-punah--musik-tradisional-hakka-di-bandung

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto