A+ A A-

Wushu , Hebat Di Film Tapi Keok Di Lapangan ?

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Tidak semua ilmu yang meringankan tubuh atau kebal menggunakan roh atau kesurupan. Shaolin mengenal yang disebut tie bu shan , tong zhi gong dan jin zhong zhao. Mereka yang mempelajari atau mendalami wu shu kebanyakan tidak mau berkelahi. Contoh yang bisa kita lihat adalah Shorinji kempo ,yang merupakan cabang resmi dan diakui Shaolin. Para kenshi dilarang bertarung , mengadakan eksibisi atau show.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Kemampuan para kenshi yang dan 4 keatas amat mengagumkan , bisa menotok orang hingga tidak bisa bergerak , kesakitan bahkan tidak bisa bernafas. Tapi mereka tidak boleh bertarung dan kemampuan itu hanya boleh digunakan ketika jiwanya dalam keadaan berbahaya.

Satu hal lagi adalah keterbatasan dari pertarungan , seperti kita ketahui Wu Shu tidak memiliki banyak teknik pertarungan bawah atau pergulatan , kecuali suai jiao(gulat). Jadi andai mereka bertarung di UFC yang mengenal pertarungan bawah atau gulat , dapat dipastikan kans kekalahan praktisi wu shu bisa mencapai 75 % , kecuali mereka selain berlatih wu shu juga berlatih teknik suai jiao.

Jika pertarungan model kick boxing juga sulit , karena banyak daerah tubuh yang tidak boleh dipukul. Sedangkan teknik-teknik wu shu rata- rata mengarah posisi-posisi berbahaya. Selain itu sarung yang membuat tidak lincahnya jari-jari mencengkram atau menusuk mata misalnya.

Kejuaraan beladiri tangan kosong pasukan khusus , yang diluar dari arena gelanggang seperti UFC , Pride Fighting , K 1 itu kebanyakan dimenangkan oleh pasukan khusus dari Tiongkok. Apalagi pasukan wanitanya memenangkan semua kelas pertandingan pasukan khusus. Hal ini memang jarang terdengar diluaran. Tapi perlu anda ketahui bahwa ibu dari Donnie Yuan pernah melatih pasukan khusus Amerika.

Hal ini tidaklah aneh karena pasukan khusus adalah para profesional yang sehari-hari berlatih berbagai macam ilmu beladiri. Atraksi Shaolin belum lama ini memperagakan melempar jarum menembusi kaca , sebenarnya pasukan khusus China atau juga Wu Jing (brimob nya Tiongkok) bisa melakukan hal seperti itu tanpa perlu berlama-lama mengumpulkan qi. Bahkan tanpa persiapan sama sekali ketika melemparnya.

Satu hal lagi adalah andai berlatih Tai Ji Quan atau Ba Gua Zhang hingga mencapai taraf yang hebat memerlukan waktu minimal 10 tahun. Dan ketika mencapai taraf itu , pikiran lebih tenang dan sabar. Tentunya sudah malas bertarung. Berlatih Yong Chun , memerlukan 3 atau 4 tahun hingga mencapai taraf cukup lumayan, tapi seandainya praktisi Yong Chun dijatuhkan dan dikunci dilantai , jelas sulit bergerak.

Kebanyakan pemenang UFC adalah para pegulat , jadi jangan adu dengan karate , kempo , wu shu atau kick boxing tapi adu juga dengan suai jiao misalnya. Atau jiu jit su yang mengenal perkelahian lantai.


hormat saya ,
Xuan Tong


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan link aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/853-wushu--hebat-di-film-tapi-keok-di-lapangan-

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto