A+ A A-

Choy Lay Fut - Aliran Seni Bela Diri Yang Didirikan Chan Heung

  • Written by  Admin
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Choy Lay Fut [蔡李佛, Choy Li Fut] didirikan oleh Chan Heung [陳享, Chen Xiang]    di tahun 1836,  di provinsi Guang Dong. Chan Heung sudah berkenalan dengan seni bela diri sejak usia 7 tahun. Saat remaja ,  seperti umumnya di daerah selatah , pertama dia berkenalan dengan gaya populer Shaolin selatan  , oleh pamannya Chan Yuen-Woo 陳遠護. Kemudian pada usia 17 tahun  dia dilatih oleh Lay Yau Saan [李友山, Li Yau San] dan berlatih gaya Li Gar dibawah bimbingan Li Yau San .

 

 

 

Karena bakat dan kemajuan yang pesat , Chan didorong oleh dahaga akan ilmu dan juga anjuran dari Li  , Chan Heung pergi ke Gunung Law Fook untuk menimba ilmu dari Choy Fok , 蔡褔 , untuk belajar gaya Choy Gar yang merupakan gaya "utara".

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Choy Fook pada awalnya hanya setuju untuk membimbing Chan dalam Buddhism , tetapi pada akhirnya , Choy juga mengajari dia Kung Fu dan juga Buddhism selama delapan tahun. Chan kemudian menuntaskan proses belajarnya di usia 29 tahun dan kembali ke kampung halamannya

Chan Heung kemudian mengkombinasikan semua aliran yang dia pelajari dan membentuk gaya sendiri , menamakannya jurus Choy Lay Fut.  Pemilihan nama itu didasari atas sikap menghormati para pendahulunya. Choy merupakan kata yang berasal dari Choy Fook . Lay berasal dari nama Lay Yau Saan. Fut berasal dari darimana Chan mengenal aliran Shaolin selatan. Term Fut [Buddhist] di adopsi.

Secara fundamental , Choy Lay Fut [CLF] merupakan gaya pukulan jarak jauh , mengandalkan kekuatan seperti layaknya kekuatan kuda yang sedang berdiri.  Selain tangan kosong , set senjata juga digunakan seperti dua pedang , 18 tongkat , ba gua lances etc.

Chang Hung Sing kemudian menjadi murid paling menonjol dari aliran CLF yang didirikan Chan Heung. Untuk berlatih CLF , menggunakan hall yang juga dikenal sebagai Hung Sing Kwoon [Kwoon = training hall] . Murid dari Chang Hung Sing adalah , Chan Sing yang merupakan instruktur di Fut Saan .

Dalam budaya populer , gaya permainan Jacky Chan dalam Drunken Master II banyak menggunakan jurus CLF dengan serangkaian set jurus tangan kosong dan dengan senjata. Dengan postur seperti sedang mengendarai kuda yang sedang berdiri. Pergerakannya kaku dan terlihat kikuk dan mengandalkan kekuatan otot.

CLF secara original terdiri dari tiga jurus tendangan , tetapi seiring perkembangan jaman lebih banyak jurus yang tersedia.

REFERENSI :

  1. Bruce Lee , John Little , "The Tao of Gong Fu"
  2. Jeff Robin , Kathleen Tracy , " The Essential Jacky Chan Source Book"
  3. Photo Credit :Wikipedia Image ,  Clftruthseeking , "Chan Heung" ,

Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan link aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.

 


Last modified onTuesday, 08 May 2018 15:44
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/857-choy-lay-fut-aliran-seni-bela-diri-yang-didirikan-chan-heung

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto