A+ A A-

Guo Jingjing - Selebritis Olimpiade

  • Written by  Huang Zhi Wang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Jika ditanya siapa wanita terhebat dalam sejarah olahraga Tiongkok , Guo Jingjing 郭晶晶, pantas di ajukan sebagai kandidat kuat. Guo adalah atlet loncat indah Tiongkok , kelahiran Baoding , Hebei di tahun 1981, Dia memulai karir atlitnya sejak dini di usia enam tahun dan masuk dalam tim nasional di usia 11 tahun. Guo mulai berkompetisi di Olimpiade Atlanta 1996.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Setelah kegagalan emas di Olimpiade Atlanta dan Sydney , Guo mendapat medali emas pertamanya dengan berpasangan dengan Wu Minxia di Olimpiade Athena 2004. Di even yang sama Guo meraih medali emas individualnya di nomer 3 M.

Setelah Olimpiade Athena dia mendapat banyak tawaran komersial , salah satunya adalah sebuah perusahaan kosmetik dan McDonald. Penampilan fisik  Guo yang menawan menjadikan dirinya selebritis atlet dan peringkat sembilan di Majalah Times yang paling ingin disaksikan oleh pemirsa. NBC. Guo sempat keluar dari tim nasional karena dianggap terlalu terlibat dalam aktivitas komersial.

[Foto Credit : Julian Lim , on Flickr ]

Sebagai selebritis atlet , Guo tidak luput dari pemberitaan media , selain prestasinya juga termasuk kehidupan pribadinya. Pasca Olimpiade Athena , Guo sering tertangkap kamera di pesta kalangan sosialita. Guo juga sempat digosipkan dengan rekan senegaranya di cabang yang sama , Tian Liang, yang juga peraih medali emas di Athena. Media menyebutnya sebagai "The Diving Prince and Princess". Guo juga digosipkan dengan Kenneth Fok , cucu dari konglomerat Hongkong.

"In 2004 I already won all the gold medals I could, but I continued because in 2008 we were going to have the Games in our motherland," she said after her victory. [Guo Jing Jing , BBC ]

Di Olimpiade Beijing , Guo kembali meraih medali dua medali emas . Untuk pertama kali seorang atlit loncat indah meraih medali emas di nomer sinkronisasi dan individual di Olimpiade yang berurutan. Guo juga menjadi atlet loncat indah yang meraih medali olimpiade terbanyak melampaui rekor Fu Minxia.

Setelah membela negaranya sejak Olimpiade 1996 di Atlanta hingga Olimpiade Beijing , Guo mengumumkan pengunduran dirinya di tahun 2011 dan memastikan tidak akan terlibat dalam event Olimpiade London 2012.

REFERENSI :

  1. Alan Paul , "China's Beloved Guo Adds To Legacy" , NBC
  2. Flora Bagenal , "Diving Princess Guo Jingjing Enters Love's Trouble Waters", The Sunday Times.

Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan link aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/860-guo-jingjing-selebritis-olimpiade

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto