A+ A A-

Marga Niek , Ni , Nip , Nie

  • Written by  Aris Tanone , Rinto Jiang , Liang U
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Saya ingin tahu marga saya berasal dari mana? sebab di Indonesia tidak banyak berjumpa dengan Niek saya dari keluarga Konghu dimana Akong saya  hanyaaku tahu dia bernama Nip Woo atau mandarinnya Niek Hoo dan istrinya Tjia Teng berasal dari Tien Sien yang katanya sekarang menjadi satu kota  daerah tujuan pariwisata ... nah kalau soal nama aku juga sering dipanggil dengan nama Konghu (niek) Nip Siu Fat dimana Fat dari Fat Choi atau di Mandarin  Fak Tjai ...oh ada tambahan tulisan Niek dalam mandarin katanya seperti kaki tiga fotographi karena ada garis yang ditarik kebawah tiga garis .


Budaya-Tionghoa.Net | Waktu membaca ini, bayangan saya lari ke nama Ni Kuang (倪匡), salah satu penulis Hongkong ternama. Tapi saya cek ucapan Konghunya, ternyata kata Ni itu dibaca 'Ngai'. Lalu ada she Nie seperti she-nya kongsul RRT di awal tahun 60an.

Artikel Terkait:

{module [201]}

 Saya ingat nama itu karena waktu berkunjung ke sekolah, kata guru saya, she-nya sama dengan she-nya Nie-Er (聂耳), pengarang lagu kebangsaan atau Nie Rong Zhen (聂荣臻), salah satu marsekal RRT waktu itu. Saya tidak tahu apa yang dimaksudkan dengan kaki tiga fotographi.

Yang menarik dari huruf Nie ini, dalam bentuk asli atau sekarang disebut chinese traditional, terdiri dari tiga huruf er = telinga yang bertumpuk, dua di bawah satu di atas seperti ini: 聶. 

Coba tanyakan lagi orang tua atau famili, apakah mungkin Nie yang dalam ucapan Konghu disebut nip ini maksudnya tiga telinga bertumpuk? Dari ke-10 huruf yang diucapkan nip dalam kamus Konghu: 聶, 躡, 鑷, 顳, 捏, 涅, 隉, 鎳, 苶, 捻 saya lihat yang paling mencurigakan:-) adalah Nie tiga telinga ini, karena hanya ini satu-satunya kata yang merupakan nama marga menurut kamus departemen pendidikan Taiwan.

Jadi kemungkinan besar adalah marga Nie4 dengan 3 telinga. Marga Nie4 ini dilafalkan menjadi liap (Hokkian) dan nip (Kanton). Marga ini memang jarang sekali dan saat ini ada 1 pembawa acara TV kenamaan di Taiwan yang bernama Nie Yun. Saya belum ada waktu menerjemahkan satu2 marga yang dipertanyakan di forum ini, namun sekilas dulu yang dapat saya beritahukan, marga Nie ini berasal dari propinsi Shanxi, kabupaten Xia, telah ada sejak Zaman Musim Semi dan Gugur (abad 8 SM).

Sne (marga)anda adalah : 聂 Mandarin dibaca Nie4 (tidak ada k di belakang, tapi dibaca nada ke 4, nada turun, dari tinggi menjadi rendah), dalam dialek Konghu dibaca Nip dan dalam dialek Hokkian dibaca Liab. Huruf Mandarin aslinya terdiri dari 3 buah er 耳, sedang yang sudah disederhanakan seperti di atas yaitu sebuah 耳 di bawahnya ada dua buah you 又.

Saya memberi tambahan, anda mau pakai Nip atau Nie, tentu tergantung anda, tapi kalau belum terlanjur dikenal ada baiknya menggunakan Mandarin Nie, sebab Mandarin ejaannya sudah standar, jadi orang tak akan salah baca, dan semua orang yang belajar bahasa Tionghoa belakangan, setelah reformasi dan keterbukaan di RRT, semua akan membaca dengan bunyi yang sama, beda dengan dialek, meskipun kita katakan menurut dialek Konghu Nip, belum tentu semua daerah sama, yang biasa dipakai standar adalah dialek Guangzhou, yang dulu disebut Canton.

Kalau hurufnya memang sudah tiga huruf er (telinga) bertumpuk, itu pasti benar Nie Mandarin dan Nip Konghu standar, jangan lupa e pada kata Nie berbunyi, jangan sampai dibaca Ni, tapi Ni + e, e nya seperti e pada kata enak.

Orang sne Nie lebih sedikit dibanding Li, Huang, Zhu, Chen dll, tapi masih termasuk cukup banyak, menurut sensus terakhir, ia adalah nomor 126 di Tiongkok daratan. Mudah-mudah informasi ini bermanfaat.

Aris Tanone / Rinto Jiang / Liang U

Budaya-Tionghoa.Net |

TAUTAN INTERNAL :

  1. http://web.budaya-tionghoa.net/budaya-tionghoa/marga-tionghoa-chinese-surname [Telusuri Marga Lainnya]
  2. http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/4448 [Diskusi]

Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.

 


 

Last modified onWednesday, 17 October 2012 06:13
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/907-marga-niek--ni--nip--nie

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto