A+ A A-

Marga Phoey , Phui , Pnui , Png , Fang

  • Written by  David Kwa & Liang U
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Saya bermarga Phoey / Phui dan tinggal di tangerang dan begitu sedikitnya orang Tionghua yang bermarga tersebut adapun masyarakat yg bermarga tersebut umumnya adalah saudara sepupu yang kita sudah kenal lain halnya dengan marga Lim, Tan dll yang umumnya banyak orang Tionghua yang bermarga tersebut. Kalau bersedia tolong dijelaskan sebenarnya marga phoey atau phui ini berasal dari mana...? dan kalau bisa kenapa jumlahnya cuma sedikit atau apakah ada daerah tertentu. [Uwat Setiawan]

Budaya-Tionghoa.Net | Mungkin yang dimaksud adalah dengan Phoey/Phui (bisa juga ditulis Poey/Pui = pui + sengau) adalah lafal Hokkian Ciangciu (Chit Koan) untuk she Fang (Mandarin), yang artinya "persegi." She ini juga bisa dilafalkan Png (p + ng) dalam lafal Hokkian Emui dan Coanciu (Go Koan). Salah satu tokoh terkenal dari she ini adalah Fang Shiyu (Mandarin) atau Poey Sie Giok (Hokkian Ciangciu), Png Se Gek (Hokkian Emui/Coanciu) atau Fong Sai Yuk (Konghu).

Artikel Terkait:

{module [201]}

 Kebetulan saya adalah salah seorang dari yang memperjuangkan penulisan berbeda untuk bunyi hidung dengan bunyi letupan. Bunyi hidung dengan n, bunyi letupan dengan h. Dulu kedua-duanya ditulis h, akibatnya kita tidak tahu, bunyi hidung atau bunyi letupan, salah satu contohnya Phoey ini. Phoey kalau dengan ejaan baru Indonesia menjadi Phui, tapi belum membereskan masalah, h di sana apa?

Yang saya ketahui h bunyi hidung yang sekarang ditulis n, jadi Phui menjadi Pnui. Kalau sudah menjadi Pnui tak akan ada yang ragu lagi. Pnui di Ciangciu adalah Png di Xiamen dan Cuanciu. Mandarinnya adalah Fang. Dalam cerita silat ada tokoh Pnui Si Giok yang kenamaan, kabarnya Pnui Si Giok memang pernah ada, hanya saja dalam cerita banyak versinya. Sedikit mengenai asal usul sne Pnui ini adalah: nomor 62 di daratan Tiongkok, dan nomor 49 di Taiwan.

Menurut catatan yang ada, ada beberapa kemungkinan jalur asal usulnya sne Pnui / Png ini.

  1. Fang Lei, yang konon adalah salah seorang isterinya Ui Te (Huang Di), tapi ada ahli lain yang menyangkal, karena Fang Lei adalah pria. Ia pernah diangkat menjadi penguasa di satu tempat, keturunannya menggunakan nama Fang dari Fang Lei sebagai snenya Fang Lei adalah turunan Yam Te (Yan Di).Jadi sne Pnui ini sudah tua sekali. Ui Te hidup 5000 tahun yang lalu.
  2. Berasal dari Fang Shu, Fang Shu adalah seorang dafu (nama pejabat tinggi) zaman dinasti Zhou (Ciu), ketika kaisar Zhou Xuanwang (Ciu Suan Ong) berkuasa (73 sM - 48 sM).Ia pernah berjasa besar ketika berhasil memadamkan kerusuhan orang Jingman di bagian selatan negara. Keturunannya menggunakan nama Fang sebagai sne.


Dalam sejarah, pernah terjadi dua kali pemberontakan petani yang dipimpin oleh orang sne Fang, yaitu Fang Qing (Pnui Ching) zaman dinasti Tang dan Fang La (Pnui Lap) zaman dinasti Song (sekitar tahun 1120). Ada sne lain yang bunyinya mendekati, seperti Phne atau Phni.Sne ini banyak jumlahnya, tapi saya kira bukan Pnui/Png (Fang)ini.

David Kwa &  Liang U

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

TAUTAN INTERNAL :

  1. http://web.budaya-tionghoa.net/budaya-tionghoa/marga-tionghoa-chinese-surname [Telusuri Marga Lainnya]
  2. http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/4325 [Diskusi]
Last modified onWednesday, 17 October 2012 06:18
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/908-marga-phoey--phui--pnui--png--fang

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto