A+ A A-

Rumor Wafatnya Jiang Zemin

  • Written by  Admin
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Baru-baru ini beredar kabar pemimpin Tiongkok telah meninggal dunia. Sebelumnya muncul spekulasi mengenai kesehatan Jiang , 84 tahun . Spekulasi lainnya muncul dengan ketidakhadiran Jiang dalam perayaan ulang tahun Partai Komunis Tiongkok yang ke 90. Media seperti Washington Post memberikan catatan bahwa pencarian informasi mengenai hal itu di media populer seperti Sina.com diblokir dengan kategori pencarian termasuk istilah "301", nama rumah sakit militer di Beijing dimana para pemimpin Tiongkok mendapat pelayanan kesehatan.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Pencarian kata kunci "Jiang" , yang berarti sungai dalam bahasa Tiongkok juga terblokir termasuk istilah "brain death" dan "brain dead". AP mencatat bahwa satu stasiun TV Hongkong , mengutip sumber tidak dikenal melaporkan bahwa Jiang telah meninggal.

Jiang adalah figur pemimpin Tiongkok meskipun telah pensiun sekian lama tetapi dipandang masih memiliki pengaruh termasuk mempromosikan suksesor dari Hu Jintao seperti , Xi Jinping. Jiang menduduki posisi tinggi dalam PKT selama 13 tahun . Jiang naik ke pucuk kekuasaan pasca Tiananmen 1989 dan memimpin Tiongkok sampai tahun 2002. Dia digantikan oleh Hu Jintao.

Jiang terlahir muncul dalam TV pemerintah di tahun 2009 , ketika dia bergabung dengan pemimpin senior lainnya berkaitan dengan ulang tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok yang ke 60.

Menurut China Daily [ 8 Juli 2007] , media Hongkong yang melaporkan kematian Jiang , Asian Television Limited [ATV] telah meminta maaf kepada pemirsa, Jiang Zemin dan segenap keluarganya hari Rabu malam [ 6 Juli] . ATV tidak menyebutkan sumber darimana laporan kematian Jiang dikutip. ATV menarik kembali berita itu tersebut setelah kantor berita Xinhua menolak laporan tersebut . Setelah sejam klarifikasi dari Xinhua , kantor perwakilan Central People's Government di Hongkong menyuarakan "kemarahan besar" melalui Hongkong China News Agency dan mengkritiknya sebagai "pelanggaran serius terhadap etika jurnalisme" dan mengatakan bahwa laporan itu adalah "murni rumor tanpa basis fakta".

Laporan ATV yang dinilai salah ini disiarkan pada hari Rabu , pukul 18.00 waktu setempat. Dalam laporan dikatakan "Jiang telah meninggal dunia pada usia 84 tahun". Dan selama dua jam setelah laporan awal , logo ATV di layar berubah dari orange menjadi abu-abu untuk menunjukkan bela-sungkawa. Televisi itu juga sempat merencanakan program spesial tentang kehidupan Jiang pada pukul 9.30 pm. Program tersebut dibatalkan beberapa jam sebelum rencana.

Wang Zheng , pemegang saham utama di ATV dan dikabarkan merupakan salah satu relasi dari Jiang , membantah bahwa dirinya telah menjadi sumber laporan kematian Jiang. Wang tidak menyadari tentang laporan tersebut sampai melihatnya di ATV. Wang mengingatkan agar media lain tidak bersikap berlebihan dalam menyikapi ini.

Newyork Times [6 Juli] menyebutkan bahwa narasi tentang para pemimpin tertinggi di PKT senantiasa mengundang bahaya . Di tahun 1976 , setelah wafatnya Perdana Mentri Zhou enlai , para pemimpin partai mencoba untuk menekan belasungkawa publik. Satu dekade kemudian, kematian tidak terduga dari Sekjen PKT , Hu Yaobang [wafat 15 April 1989]  mengundang duka yang mendalam dan berujung pada insiden Tiananmen. Roderick Macfaquhar , spesialis mengenai Tiongkok dari Universitas Harvard mengatakan bahwa sekalipun rumor tersebut betul ,  setiap delay informasi , betapapun singkat bertujuan untuk memberikan waktu bagi para anggota politbiro untuk menyiapkan obituari dan eulogy yang diduga akan disampaikan oleh Hu Jintao.

REFERENSI :

  1. China Daily , "Jiang Zemin's Death 'Pure Rumour' : Xinhua , 7 Juli 2007
  2. China Daily , "ATV Apologies Over False Report" , 8 Juli 2007
  3. Guardian , "China Insist Reports of Jiang Zemin's Death Are 'Pure Rumour'" , 7 Juli 2007
  4. Newyork Times , "China Appears To Censor Any Online Discussion of An Ex-Leader's Health , 6 Juli 2007"

 


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/925-rumor-wafatnya-jiang-zemin

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto