A+ A A-

HUN dan PO

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net |Hun sudah terbentuk sejak janin terbentuk dan hun masuk kedalam janin bukan ketika lahir. Orang Tionghoa juga mengenal istilah Tai Jiao atau Yang Tai. Apa yang dipelihara itu adalah Hun dan Po dari janin. Proses tersebut menjadi lengkap ketika bayi itu lahir.Hun itu ada tiga , yakni Tai Guang , Suang Ling dan You Jing. Ketiganya sudah ada ketika janin mulai terbentuk manusia dan menguat ketika lahir.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Bicara mengenai Qi , ada tiga jenis. Qi diserap oleh janin adalah Yuan Qi atau Qi dari rahim alam semesta [ baca : ibu]. Inilah yang disebut Tai Xi atau pernafasan janin. Dimana konon manusia bisa menjadi sehat dan panjang umur ketika bisa melatih pernafasan sehingga pola bernafas seperti waktu  dalam kandungan [mengaktifkan kulit untuk bernafas dan menggunakan nafas perut kecil atau yang sering disebut tai tian bawah. Po selain merupakan anasir pembentuk tubuh juga terkait dengan sifat-sifat yang nantinya akan berkembang.

Umur manusia dalam budaya Tionghoapun ditambah satu tahun yang berbeda dengan usia Barat yang dihitung sejak manusia lahir.

Hun bersifat YANG dan Po bersifat YIN. Ini semua standar pengertian baik dikalangan sinshe maupun yang mempelajari Taoisme , terkecuali belajar Taoisme dari para dukun atau belajar Shamanism.

Konsep tiga HUN dan tujuh PO sudah ada pada janin dipegang oleh mereka yang mempelajari Taoisme. Hal ini sederhana karena Wu Chuo yang mengajarkan metode pendidikan janin adalah seorang Taoist dari sekte Shang Qing. Wu Chuo adalah salah satu sinshe klasik terbesar Tiongkok.  Yang harus dibuang atau dilepaskan itu adalah keterikatan tiga HUN terhadap tujuh PO. Kasarnya membuang YIN kebumi dan membawa YANG naik keatas.

Bicara HUN dan PO tentunya berbicara mengenai JING , QI dan SHEN. Kalau bicara masalah buku standar pengobatan yang masih digunakan adalah Xiao Zheng Jin Jian. Dalam buku tersebut terdapat teori-teori pengobatan. Yang dimaksud dengan SHEN yang dikaitkan dengan HUN adalah perkembangan mental maupun psikologis.Berbicara lebih mendalam lagi tentunya membicarakan Yuan Hun , Yuan Shen dan Yuan Qi. Jadi tidak sekedar berbicara mengenai Jing , Qi dan Shen.

Secara umum , PO adalah anasir pembentuk tubuh dan jiwa yang selalu berdaur ulang dimana proses daur ulang itu ada dalam bumi. Bicara lebih mendalam lagi PO bisa dikatakan residu ROH yang kadang disebut hawa jahat.

Binatang secara umum dikatakan tidak memiliki HUN , hanya manusia atau binatang yang bertulang punggung tegak [Kera dan Simpanse tidak termasuk] yang memiliki HUN, ini dikaitkan dengan keselarasan bumi dan langit.

Dalam studi Taoisme yang membahas masalah ini sempat terjadi perbedaan pandangan terutama karena adanya alam binatang sebagai roda perputaran kehidupan. Tetapi masalah ini terjawab dengan istilah JIAN atau setan [gui] yang mati dan disebut Jian dan Jian inilah yang HUN-nya hancur sehingga terlahir sebagai binatang dan sulit meraih kembali posisinya sebagai manusia yang memiliki tulang punggung/belakang yang tegak sebagai penghubung atau tiang penyangga langit dan bumi.

Untuk mempelajari lebih dalam mengenai  hal ini ada beberapa pakar  tetapi lebih banyak lagi yang sekedar omong kosong seperti Lie Hongzhi yang mengaku pakar Qigong jika dibandingkan dengan Li Shaobo yang benar-benar pakar Qigong dan diakui pihak universitas di Tiongkok. Didunia Barat , Michael Sasso adalah salah satu [dari sedikit] pakar Taoisme. Saya berani menuliskan nama Michael Sasso karena tahu persis siapa yang mengajarkan Taoisme kepada beliau.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa | Facebook Group Tionghoa Bersatu

Last modified onMonday, 22 October 2012 14:56
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/961-hun-dan-po

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto