A+ A A-

Lingqu Canal [Magic Canal] - Kanal Kontur Tertua Di Dunia

  • Written by  Huang Dada
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Di Tiongkok , kanal pertama Hung Kou yang pertama di konstruksi  di abad 6 SM. Sementara Kanal Kontur pertama dibangun di abad ketiga SM , Magic Canal [Ling Qu 靈渠] . Kanal tersebut naik turun mengikuti kontur tanah .Ini adalah pencapaian kompresif sehinga ada pujian bahwa ada Great Wall di utara dan Liangqu Canal di Selatan [WHC UNESCO , 2008] . Liangqu dibangun oleh engineer Shih Lu [史禄] atas perintah Qin Shi Huang . Tujuannya adalah untuk membantu logistik tentara kaisar ke selatan [219 SM] untuk menaklukan Yue.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Sima Qian mengatakan : Kaisar mengutus Komandan  To dan Tu Chu untuk memimpin pasukan ke selatan dan menaklukkan ratusan suku Yue. Kaisar juga mengutus pengawas  Lu untuk memotong satu kanal agar beras dapat dikirim lebih jauh ke dalam wilayah Yu.

Konstruksi kuno ini masih digunakan sampai sekarang sepanjang 20 mil  . Konstruksi Magic Canal ini menghubungkan dua sungai , Xiang dan Li dimana arus mengalir dengan arah berlawanan membuat transportasi dalam daratan menjadi mungkin untuk jarak yang harus ditempuh sepanjang 1250 mil dalam satu garis lurus yang lebih singkat. Arus sungai Xiang mengalir ke Utara dan sungai Li mengalir keselatan. Sungai Xiang mengarah ke Yangzi dan sungai Li mengarah ke Canton [Guangzhou]. Dekat desa kecil di Xing'an , Guangxi  ,sungai Xiang dan Li hanya terpisah tiga mil. Tetapi jarak sedekat itu ada hambatan alam berupa landscape bukit limestone, sehingga memerlukan rekayasa engineering yang menghubungkan dua sungai itu dengan membentuk lateral canal di sungai Xiang dan canal lain dari arah sungai Li dengan total panjang 20 mil.

Tentang Grand Canal di masa perkembangan pada dinasti berikutnya , arteri gigantik bagi transportasi dibangun selama berabad-abad dengan panjang 1100 mil dengan perbandingan jarak New York - Florida. Mega konstruksi ini selesai di tahun 1327. Tidak ada yang bisa mendekati ukuran ini di Eropa . Empat Kanal Besar di Perancis di abad 18 tidak ada satupun yang lebih panjang dari 180 mil dan totalnya 630 mil. Grand Canal ini memiliki kedalaman 10-30 feet dengan lebar 100 feet , dimana kanal di Inggris hanya memiliki kedalaman 5 feet dan lebar 45 feet. Needham memperkirakan bahwa kanal diseluruh Eropa masih tetap sedikit lebih pendek dari jalur air artifisial yang dapat dilalui.

Tidak diragukan bahwa dalam peradaban kuno lainnya , Babilonia juga mencapai taraf tinggi tetapi tidak diketahui taraf perkembangan mereka dalam transportasi kanal. Kanal Mesir yang menghubungkan antara Sungai Nil dan Laut Merah yang dimulai oleh Necho [610-595 SM] tetapi hanya dapat diselesaikan dibawah Ptolemy Philadelphus sekitar 280 SM. Di Mesir , kanal digunakan untuk keperluan musiman untuk membantu irigasi daripada sebagai arteri transportasi.

Kanal ini juga masuk daftar tentatif UNESCO World Heritage Sites dengan pertimbangan peran pentingnya dalam interaksi kultural , sense of unity , ekonomi , konservansi air. Bersama dengan Dujian Weir Sichuan dan Zhengguoqu Canal di Shaanxi , dikenal sebagai "Three Water Conservancy Projects of The Ancient China". Karena perkembangan , perawatan dan peningkatan di setiap dinasti selanjutnya, Lingqu menjadi sarana transportasi air yang penting dan juga menjadi sarana penting bagi Jalur Sutera untuk akses terhadap "Silk Road on The Sea" kearah selatan [Guangzhou] .

 

Budaya-Tionghoa.Net |

REFERENSI :

  1. " The Genius of China , 3000 Years of Science Discovery and Invention", 2007
  2. World Heritage Convention , UNESCO , " Lingqu Canal , Xiang'an County , Guangxi Zhuang Autonomous Region Qin Dynasty" , 2008

Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan link aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/967-lingqu-canal-magic-canal-kanal-kontur-tertua-di-dunia

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Tionghoa

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto