A+ A A-

Resensi : Buku Sejarah Tionghua Perantauan - Lynn Pan

  • Written by  Ivan Taniputera
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Merupakan buku yang bagus mengenai lintasan sejarah Tionghua Perantauan di dunia, yakni membahas tersebarnya diaspora-diaspora Tionghua di muka bumi. Buku ini pertama-tama memberikan gambarnya mengenai suku-suku dan bahasa di Daratan Tiongkok; yakni selain Mandarin terdapat 9 dialek Han lainnya; yakni: Jin (Shanxi), Wu (daerah Shanghai), Hui (Anhui), Gan (Jiangxi), Xiang (Hunan), Min (Fujian), Yue (Guandong), Pinghua (Guangxi), dan Kejia (Guangdong, Guangxi, dan Fujian)-halaman 22.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Judul: The Encyclopedia of the Chinese Overseas.
General Editor: Lynn Pan
Penerbit Chinese Heritate Center, 1998.
Jumlah halaman: 399

 

Lalu dijelaskan pula kondisi daerah atau propinsi utama asal para perantau, yakni Fujian dan Guangdong. Ternyata bahasa Min sendiri sendiri masih terbagi-bagi, yakni Minnan, yang dibagi lagi menjadi Quan-Zhang (Hokkian) dan Chao-Shan (Teochiu), Pu Xian (Henghua), Min Timur-dibagi lagi menjadi Fuzhou (Hokchiu atau Foochow) dan Fuqing (Hokchia), serta Qiong Wen (Hainan). Lalu bahasa Yue masih dibagi lagi menjadi Guangfu (Cantonese) dan Siyi (Szeyap). Bahasa Wu masih dibagi lagi menjadi Taihu (Shanghainese) dan Oujiang (Wenzhounese). - halaman 23.

Buku ini juga membahas migrasi lokal yang terjadi di intern Republik Rakyat Tiongkok  sendiri, bagaimana kehidupan keluarga Tionghua perantauan, institusi-institusi sosial, dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan diriwayatkan bagaimana hubungan para perantauan tersebut dengan negeri leluhurnya.

Kemudian dibahas pula bagaimana sejarah, kehidupan, dan seluk beluk keturunan Tionghua di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Dari Indonesia sendiri tidak ketinggalan disebutkan mengenai Gan K.L, salah seorang penulis Tionghua ternama. Juga para konglomerat seperti Liem Sioe Liong, Prajogo Pangestu, dan lain-lain. Masih disinggung pula peristiwa kerusuhan Mei 1998.

Menariknya, saya baru mengetahui bahwa Sir Julius Chan (lahir 1939), PM Papua Nugini juga merupakan keturunan Tionghua.

Kita dapat mengetahui pula migrasi orang Tionghua ke Eropa, Amerika, Vietnam, Filipina, Sabah, Serawak, Singapura, dan lain-lain. Buku ini tak boleh dilewatkan oleh para penggemar sejarah Tiongkok.


Ivan Taniputera

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa | Facebook Group Tionghoa Bersatu

 

Last modified onWednesday, 24 October 2012 09:25
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/977-resensi--buku-sejarah-tionghua-perantauan-lynn-pan

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto