A+ A A-

Profil : Vanessa Mae - Chen Mei 陳美

  • Written by  Huang Zhi Wang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

'Not many things were clear in my seven year old head except an absolute desire to play the Tchaikovsky and Beethoven violin concertos. Fickle as I was in just about everything else, I remained constant in my pursuit of this one ambition' [Vanessa Mae ]

Budaya-Tionghoa.Net | Di usia muda , Vanessa Mae aka Chen Mei 陳美 telah menjadi musisi dunia dengan merilis album debutnya "The Violin Player". Sebelumnya Chen Mei telah menjadi soloist dalam satu tur internasional bersama London Mozart Players. Vanessa Mae dilahirkan pada 27 Oktober 1978 , Singapura , 196 tahun setelah kelahiran Niccolo Paganini. Vanessa adalah puteri dari ayah Thai dan ibu Tionghua . Ayahnya bernama Varaprong Vanakorn dan ibunya Pamela Tan , adalah puteri dari Tan Lee Kip yang berkerja sebagai pengacara dan juga pianis semi-profesional. Saat Vanessa berusia empat tahun orang tuanya berpisah dan ibunya menikah lagi dengan Graham Nicholson , seorang pengacara asal Inggris. Vanessa kemudian mengikuti keluarga barunya ke London dan hidup di lingkungan kelas atas di Kensington.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Mewarisi bakat musik dari ibunya , Vanessa mulai bermain piano sejak dini. Ayah barunya , Graham yang memberikan pengaruh bagi Vanessa untuk beralih dari piano ke biola di usia enam tahun. Bakat yang luar biasa dibawah bimbingan guru pribadinya membuat Vanessa berkembang pesat.  Di usia delapan tahun Vanessa mengunjungi Beijing ditemani ibunya untuk belajar musik biola . Vanessa Mae menjalani latihan intensif dibawah pengawasan Professor Lin Yaoji. Dalam program yang dijalani , selain mempelajari musik , Vanessa juga mempelajari musik secara umum , budaya Tionghua dan bahasa Mandarin. Dalam tempo sembilan bulan , Vanessa sudah mahir dengan teknik-teknik yang memungkinkan dia bisa bermain dengan santai seperti yang diperagakan kemudian hari.

Kembali ke London , Vanessa menghadiri The Royal College of Music dimana dia lulus dibawa Prof Felix Andrievsky sebagai lulusan termuda. Di tahun 1988 , Vanessa menerima biola Guadagnini yang dibuat tahun 1761 sebagai hadiah ulang tahun ke 10 dari orangtuanya. Di usia 10 tahun pula , Vanessa mempertunjukan keahliannya sebagai solo violinist di Philharmonic Orchestra , London. Di tahun 1990 , Vanessa merekam album pertamanya yang berjudul "Violin" , album ini dirilis tahun 1991 dan bersama dua album lainnya ,Di tahun 1993 , Vanessa berjumpa dengan Mel Bush yang kemudian menjadi manajernya. Mel Bush sebelumnya terlibat dalam beberapa band terkemuka seperti Queen dan Wham. Mel Bush yang kemudian membantu karir musik internasional Vanessa. Mel memperkenalkan Vanessa dan ibunya kepada Mike Batt yang kemudian menjadi komposer bagi Vanessa.

Bersama tim barunya , Vanessa memutuskan untuk mendapatkan satu biola elektrik Zeta Jazz sebagai tambahan biola klasik Guadagnini untuk menambah opsi bagi musiknya dan menciptakan gaya bermain biola baru. Langkah berikutnya adalah menggandeng perusahaan rekaman , Emi Records . EMI Records menawarkan Vanessa untuk merekam musiknya dengan gaya pop maupun klasik. Hasilnya adalah album "The Violin Player" yang fenomenal dan mengantarkan Vanessa ke popularitas internasional dan membuat Vanessa sebagai jutawan muda , terlepas dari kekayaan orangtuanya. Album "The Violin Player" ini telah beredar 6-7 juta kopi. Merupakan suatu hal yang sulit dibayangkan bahwa album instrumental bisa mencapai rekor penjualan seperti itu. Baik album maupun single sempat mencapai peringkat atas chart dibanyak negara. Kesuksesan Vanessa Mae juga tidak luput dari kritik terhadap penampilannya yang tidak lazim seperti pada video "Toccata & Fugue" karena memperlihatkan Vanessa mengenakan busana tropis sambil memainkan biola elektrik dengan busana putih basah di sekujur tubuhnya. Terlepas dari hal itu , kesuksesan album "The Violin Player" mengantar kesuksesan berikutnya dalam tour musik ke 34 kota di berbagai negara selama musim panas 1995. Selama periode 1996-1999 , Vanessa menelurkan beberapa album seperti "The Classical Album 1" , "Storm" , "China Girl" dan The Classical Album 2 : "The Original Four Seasons dan The Classical Album 3. Setelah tahun 1999 , karir Vanessa sedikit melambat.

{youtube}LP40gsaFGVI{/youtube}

Budaya-Tionghoa.Net |


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan link aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/981-profil--vanessa-mae-chen-mei-%E9%99%B3%E7%BE%8E

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto