A+ A A-

Kisah Song Hong : "Jangan Melupakan Teman

  • Written by  Xie Zheng Ming
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Via : Facebook Group Budaya Tionghoa

Budaya-Tionghoa.Net | Setiap orang tentu memiliki cita-cita masing-masing. Apapun cita-cita itu,secara umum setiap orang tentu mendambakan hari esok yang lebih baik.Yang sudah cukup ingin memiliki kelebihan,yang kurang ingin menjadi cukup.Lantas apa yang akan kita lakukan ketika telah berhasil memperoleh cita-cita tersebut?

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 

Pepatah mandarin berbunyi:jiu zhong bu yu zhen jun zi,cai shang fen ming da zhang fu.pin jian zhi jiao bu ke wang,zao kang zhi qi bu xia tang酒中不语真君子,财伤分明大丈夫。贫贱之交不可忘,糟糠​ 之妻不下堂.

Seorang budiman pada saat menikmati arak dapat menahan diri sehingga tidak sampai mengeluarkan perkataan yang tidak keruan. Seorang lelaki jantan akan mencari penghidupan dengan cara yang benar.Ketika diri sendiri sudah mendapatkan kemakmuran hidup,kita tidak boleh melupakan teman-teman di masa sulit,juga tidak dapat mencampakkan istri sendiri yang sudah dengan setia ikut menanggung penderitaan bersama


Song Hong adalah seorang dari dinasti Han Timur,sangat berjasa di bidang militer dalam membantu Guang Wu Di naik tahta. Guang Wu Di memiliki seorang kakak angkat yang bernama putri Ping Yang.Karena sang putri menaruh hati kepada Song Hong. Guang Wu Di lantas berencana untuk menjodohkan mereka.Suatu hari Guan Wu Di berkata kepada Song Hong:banyak orang berpendapat jika kita telah memiliki kedudukan tinggi bisa dengan mudah memperoleh teman-teman yang baru,begitu pula ketika kita kaya raya boleh mencari istri lagi?Bukankah hal ini masuk akal?Bagaimana menurut pendapat kamu mengenai hal ini?

Dari pembicaraan tersebut Song Hong bisa mengetahui keinginan dari Guan Wu Di untuk menjodohkan ia dengan putri Ping Yang. Song Hong lantas dengan halus menolaknya,kepada Guan Wu Di ia berkata: "Yang pernah saya dengar adalah justru sebaliknya. Seseorang ketika sudah kaya-raya tidak boleh melupakan teman-teman di masa sulit,apalagi mencampakkan istri sendiri yang sudah dengan setia ikut menanggung penderitaan bersama.

Dapat melakukan hal ini barulah bisa dikatakan sebagai orang yang memiliki kebajikan.Mendengar jawaban tersebut Guan Wu Di merasa tergetar hatinya,beliau sama sekali tidak mencela Song Hong justru semakin menaruh rasa hormat.


Hari esok yang lebih baik memang diperoleh dari perjuangan. Dalam perjuangan untuk mencapai cita-cita tersebut,tentunya kita membutuhkan dukungan&dorongan dari banyak pihak.Dukungan&dorongan kita peroleh dari orang-orang terdekat mulai keluarga sampai teman-teman.Setelah berhasil memperoleh apa yang diinginkan,pantaskah kita melupakan jasa-jasa mereka?

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa


Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/990-kisah-song-hong--jangan-melupakan-teman

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto