A+ A A-
Esai & Opini

Esai & Opini (261)

Hari Airmata Hitam

HARI AIRMATA HITAM
(10 Tahun Peristiwa Mei '98)

Budaya-Tionghoa.net| Tanpa kita sadari, tahun ini reformasi telah berjalan 10 tahun. Reformasi telah menelan banyak korban, baik harta-benda maupun nyawa anak bangsa. Semoga semua pengorbanan itu tidak sia sia. Semoga pengorbanan itu menjadi awal dari perbaikan nasib bangsa. Mari kita doakan arwah para korban peristiwa Trisakti, peristiwa Semanggi, dan peristiwa Mei. Semoga mereka semua mendapatkan tempat yang layak di sisi-NYA. Mari kita isi perjuangan mereka dengan perbuatan. Tanpa pengorbanan mereka, kita tidak akan sampai di titik ini.

Read more...

Menonton Film "Daun Di Atas Bantal" dan Masalah Identitas

Budaya-Tionghoa.Net | Film karya Garin Nugroho berjudul “Daun Di Atas Bantal “ adalah film kelam yang menceritakan masyarakat yang terpinggirkan, dilupakan, bagaikan kotoran yang selalu disapu terus menerus ke kolong ranjang, menggambarkan kondisi Indonesia.

Photo: http://jejakandromeda.com/galery-film-jadul/christine-hakim-daun-diatas-bantal/

Sumber : http://jejakandromeda.com/galery-film-jadul/christine-hakim-daun-diatas-bantal/

Read more...

Menjumput Ketionghoaan

Budaya-Tionghoa.Net |Saya menghadiri sebuah Konferensi Internasional tentang Indonesia Tionghoa: "International Conference on Chinese Indonesians - Their Lives & Identities".
Konferensi ini diadakan selama dua hari di sebuah hotel & dimotori oleh tiga universitas swasta besar dari tiga kota besar: Universitas Petra - Surabaya, Universitas Maranatha - Bandung & Universitas Katholik Soegijapranata - Semarang.
Photo

Read more...

Positioning Etnis Tionghoa-Indoneisa Dalam Hubungannya Dengan Tiongkok

 

Abstrak

Persoalan identitas adalah persoalan yang hakiki karena terkait dengan masalah positioning politik dan interaksi atau hubungan  antar individu dan kelompok. Namun seringkali tidak disadari betapa pentingnya memahami hal tersebut. Positioning etnis Tionghoa  terhadap negeri 'leluhur'nya, Tiongkok, adalah suatu yang penting untuk dibicarakan, terutama karena etnis Tionghoa sudah memilih  menjadi warganegara Indonesia, dan juga karena etnis Tionghoa merupakan sebuah komunitas sosial-politik, ekonomi dan budaya  yang cukup besar di Indonesia, sehingga keberadaan dan perannya dalam kehidupan kemasyarakatan dan kenegaraan Indonesia  sangat signifikan. Oleh karena itu permasalahan identitas dan orientasi politik etnis Tionghoa selalu menjadi perhatian warga  non-Tionghoa. Dalam konteks itu, pertanyaan yang menarik untuk diajukan di sini adalah bagaimana etnis Tionghoa melihat posisi  politik dan budayanya yang berada di Indonesia, namun sekaligus berada di antara Indonesia dan Tiongkok?
 

Read more...

Tantangan dan Prospectife Etnis Tionghoa Indonesia Mengintegrasikan Diri

 The Chinese district of Medan, North Sumatra, in 1925;

Photo Credit : Medan 1925,  Tropenmuseum

Budaya-Tionghoa.Net | Etnis Tionghoa Indonesia mempunyai ciri-ciri khas dalam etnis Tionghoa di dunia, dalam jangka waktu yang panjang, selalu menarik perhatian pengamat dan sarjana masalah etnis Tiongha di dunia. Etnis Tionghao Indonesia mempunyai 3 ciri-ciri khas: Pertama, jumlah etnis Tionghoa Indonesia terbanyak dibandingkan dengan etnis Tionghoa negara-negara lain, masyarakat umum Indonesia mengira, jumlahnya kira-kira 10 juta orang, merupakan 1/4 dari jumlah etnis Tionghoa sedunia;  Kedua, Indonesia pernah merupakan salah-satu negara yang paling diskriminasi terhadap etnis Tionghoa di dunia ini, terutama kerusuhan Mei 1998 yang tujuan diarahkan kepada etnis Tionghoa dan melanggar HAM menarik perhatian opini dan protes massa sedunia, umum sangat prihatin haridepan etnis Tionghao Indonesia: Ketiga, etnis Tionghoa sedang berangsur-angsur mengintegrasikan diri kedalam masyarakat arus pokok Indonesia, bagaimana hari depan mereka dalam membangun masyarakat harmonis dan Indonesia baru perlu di kaji selanjutnya.

Read more...

Sino-Venezuelan & Wafatnya Hugo Chavez

Budaya-Tionghoa.Net |Wafatnya Presiden Chavez dinilai akan membawa dampak besar bagi hubungan Sino-Venezuelan. Selama ini Venezuela menjadi sumber minyak penting bagi Tiongkok .  Roda pembangunan di Tiongkok yang cepat meningkatkan kebutuhan energi sementara Venezuela juga membutuhkan bantuan finansial dari Tiongkok yang telah menjelma menjadi kekuatan ekonomi kedua terbesar didunia.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto