A+ A A-

2011.12.12 Rilis Dokumen : Di Zi Gui 弟子規 - Pedoman Menjadi Murid Dan Manusia Yang Baik [Download PDF]

  • Written by  Hendri Irawan
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | 弟 子規  Dì Zǐ Guī, secara harafiah berarti pedoman hidup seorang murid yang baik. Penulis memilih untuk menafsirkan dan menyadurnya dengan judul PEDOMAN HIDUP BERBUDI  PEKERTI dikarenakan pedoman hidup ini berlaku universal dan yang dimaksud dengan murid sebenarnya adalah semua manusia yang mau belajar demi memperbaiki kualitas diri.

Pedoman ini ditulis oleh seorang sarjana bernama 李毓秀 Lǐ Yùxiù. Beliau hidup di periode 康熙 Kāngxī (1662-1723 CE) dinasti 清 Qīng. Awalnya tulisan ini diberi nama 訓蒙文 Xùn Méng Wén artinya Tulisan Untuk Mendidik Anak. Kemudian oleh賈存仁Jiǎ Cúnrén direvisi dan dirubah namanya menjadi 弟子規  Dì Zǐ Guī.

ARTIKEL TERKAIT :

 

 

Walau pedoman ini lebih banyak diajarkan ke anak-anak, isinya sebenarnya bersifat universal. Dan justru manusia dewasa juga patut membacanya. Karena manusia semakin dewasa maka tingkah lakunya semakin menyimpang akibat dari pengaruh lingkungan dan pendidikan yang diterima.

 


Kǒngzǐ  berujar,  murid yang baik dan anak manusia yang baik pertama-tama harus belajar berbakti kepada orang tua , dan menghormati serta menyayangi sesama saudara dan para sesepuh. Berikutnya, mereka harus mawas diri  dan dapat dipercaya dalam berhubungan dengan orang lain dan dalam melakukan segala sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Mereka harus menghayati ajaran para filsuf dan suciwan dan melaksanakan ajaran itu. Kemudian mereka harus belajar untuk mengasihi sesama manusia tanpa kecuali dan bergaul dengan yang mereka yang berkebajikan serta belajar mengenai kebajikan dan cinta kasih dari pergaulan itu. Hanya setelah semua hal ini dilakukan, jikalau mereka masih memiliki waktu luang dan tenaga, mereka harus lebih lanjut lagi mempelajari sastra dan seni untuk meningkatkan kualitas budaya dan spiritual diri mereka sendiri.


Dalam menyusun buku ini, penulis tidak serta merta mengartikan setiap huruf secara harafiah. Cara yang dipakai lebih bersifat penafsiran. Adapun tata bahasa yang digunakan adalah yang dimaksudkan untuk mempermudah pembaca yang berbahasa Indonesia untuk lebih mengerti dan memaknai Dì Zǐ Guī. Dan apabila ada kondisi-kondisi khusus di masa sekarang yang berhubungan dengan isi Dì Zǐ Guī akan diupayakan untuk dicantumkan.


Penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangannya dan masih sangat jauh dari sempurna. Karenanya, penulis memohon maaf terlebih dahulu kepada pembaca apabila ada kata-kata yang kurang berkenan ataupun ada penafsiran yang dirasa kurang tepat. Semoga buku ini bisa memperkaya wawasan kita semua dan memberikan sudut pandang alternatif mengenai suatu ajaran yang membumi.


Selain itu, penulis juga berharap bahwa dengan adanya buku ini bisa memicu bibit-bibit penulis lainnya untuk tumbuh berkembang. Terutama dalam penerjemahan ataupun penafsiran karya-karya leluhur  secara benar, bebas dari pengaruh ajaran lain. Seperti tertulis dalam 中庸 zhōngyōng bahwa 道 dào yang sejati adalah 道 dào yang dekat dengan jalan kemanusiaan, yang bisa dimengerti oleh manusia biasa. Namun walaupun dekat dengan jalan kemanusiaan, 道 dào sejati bahkan sulit dijalani oleh manusia paling bijaksana sekalipun.

***

Untuk menelesuri selengkapnya tulisan ini , kami menyediakan dalam dua versi , baik secara online yang bisa dibaca dalam bentuk artikel web dan dalam bentuk PDF yang bisa didownload.

PDF : http://www.mediafire.com/?gqkqd192osmg47o [Direkomendasikan , 56 Halaman , 1.86 MB ]

Web : http://web.budaya-tionghoa.net/home/1548-di-zi-gui-pedoman-menjadi-murid-dan-manusia-yang-baik


拱手Gǒngshǒu
不認字

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa | Facebook Group Budaya Tionghoa

 

Last modified onSunday, 05 August 2012 20:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/konten/esai/item/1198-20111212-rilis-dokumen--di-zi-gui-%E5%BC%9F%E5%AD%90%E8%A6%8F-pedoman-menjadi-murid-dan-manusia-yang-baik-download-pdf

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto