A+ A A-

2007.03.13 Notulensi Seminar Yi Jing [3]

  • Written by  Shuyikto
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Untuk yang tidak ikut acara Seminar Yijing semalam, saya coba rangkumkan seingat saya, kalau ada yang masih kurang mohon maklum dan mohon bantuan sodara2 lain menambahkan. semoga bermanfaat!

Seminar Yijing ini dibawakan oleh Mr. Tan Kee Sang 陈启生 dari Malaysia,
beliau adalah betua The International Organization of I-Ching 国际易学联合会 dan beliau juga duduk dalam berbagai posisi inti di organisasi Konghucu.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 

 

 

 


GAMBAR YIN-YANG

Pertama-tama beliau menjelaskan tentang gambar Yinyang阴阳 sbb:

1. Di dalam "Yin" yang dominan terdapat "Yang", dan di dalam "Yang" yang dominan terdapat "Yin". dikasih contoh: orang yang sukses ("Yang"), tetap melihat ada bahaya ("Yin") yang harus diwaspadai, sehingga tidak sombong. Sedangkan orang yang sedang susah ("Yin) bisa melihat ada secercah harapan ("Yang"), sehingga tidak putus asa.
2. Gambar Yinyang adalah mirip gambar ikan dengan kepala besar dan semakin mengecil ke ekor. dijelakan jika kita memperhatikan gambar Yinyang ini, maka bisa melihat ketika "Yang" sudah memuncak (kepala ikan), maka mulai timbul "Yin" (ekor ikan), dan sebaliknya ketika "Yin" sudah mencapai puncak (kepala ikan), maka mulai timbul "Yang" (ekor ikan).
3. Kesimpulan dari melihat gambar Yinyang adalah "Dong"动 (gerak/perubahan). Nah
dari dasar Yinyang (gerak) inilah dibicarakan Yijing (Kitab Perubahan). Jadi
dasar dari Yijing adalah Yinyang.

YIJING 易经

1. Dijelaskan buku Yijing dimulai dengan kata2 Yuan Heng Li Zhen 元亨利贞, biasanya pembaca tidak mengerti apa artinya dan menutup kembali buku Yijing. artinya adalah Asal Mula/Sumber, Mencapai/lancar, Akur dan Bermanfaat, Mempertahankan Kebenaran sehingga bertahan lama.
2. Orang yang belajar Yijing maka perbuatannya tidak akan tercela, karena pikirannya harus benar agar bisa memahami Yijing.
3. Dari Yuan Heng Li Zhen, Nabi Konghucu memberi penjelasan Tian Xing Jian, Jun Zi Zi Qiang Er Bu Xi 天行健,君子自强而不息. artinya Langit memberi contoh/panutan, maka sebagai seorang budiman harus mengikuti panutan tersebut dengan terus membina diri tiada henti2nya.
4. Dijelaskan bahwa Yijing adalah abadi, dunia ini segalanya terus berubah/bergerak ("dong"), yang abadi/tidak pernah berubah adalah "perubahan" itu sendiri.
5. Belajar Yijing tidak perlu membaca buku (kata-kata), yang penting adalah memahami "Gua" 卦(rumusan yang berupa gambar garis2), yang terdiri dari 64 rumusan umum dan 384 rumusan kecil).
6.  Yijing dirumuskan pada 7000 tahun yang lalu, dimana saat itu belum ada tulisan. Yijing yang berdasarkan Yinyang digambarkan dengan garis panjang ("-") melambangkan "Yang", dan dua garis terputus "- -" melambangkan "Yin".
7. Belajar Yijing akan mengetahui kapan saatnya berubah dan tindakan apa yang tepat时中.
8. Orang yang mempelajari Yijing selalu memperhatikan perubahan2 yang terjadi, beliau terakhir memberikan kesimpulan pemahaman beliau terhadap Yijing, bahwa Yang Kuasa dan alam semesta adalah Maha Adil, sebelum terjadi sesuatu selalu ada peringatan (tanda2) yang diberikan, hanya manusia sendiri yang tidak peka merasakan sesuatu akan terjadi.
9. Taiji太极 melahirkan Liangyi 两仪("Yin" dan "Yang" positif dan negatif),dari Liangyi/Yinyang timbul Empat Bentuk/ Sixiang四象, kemudian muncul Delapan Bentuk/ Baxiang八象.
10. Delapan Bentuk/ Baxiang 八象 digambarkan dengan bersusun tiga baris kebawah garis Yinyang. setiap baris disebut "Yao"爻, misalkan "Qian Gua"乾卦 adalah:
_
PENJELASAN 'GUA'

Selanjutnya beliau menjelaskan "Gua" bisa disusun menjadi dua lapis, diberi

contoh "Qian Gua"乾卦 disusun dua kali, sehingga menjadi tersusun enam garis:
a. disebut shang yao 上爻
b. disebut wu yao 五爻
c. disebut si yao 四爻
d. disebut san yao 三爻
e. disebut er yao 二爻
f. disebut chu yao 初爻
di dalam Yijing tidak ada istilah Yiyao 一爻 dan Liuyao 六爻

Penjelasan:

1. Membacanya harus dari bawah ke atas.
2.  Baris paling bawah: chu yao: Qian Long Wu Yong 潜龙勿用 Naga masih tersembunyi, jangan dipakai. ibarat orang yang masih belajar, masih belum saatnya untuk maju ke depan.
3.  Baris kedua dari bawah: er yao:Jian Long Zai Tian 见龙在田 Naga terlihat di sawah. ibarat orang yang sudah memiliki kemampuan, tetapi masih perlu bimbingan/bantuan. giat melakukan segala sesuatu langsung bukan menyuruh2 orang lain.
4. Baris ketiga dari bawah atau Tingkatan tertinggi dari "Gua" dbagian bawah, san yao: Zhong Ri Qian Qian 终日乾乾 sudah mencapai sedikit keberhasilan. masih tekun bekerja dan belajar, biarpun sudah berkecukupan tetapi masih mawas diri dan selalu berhati-hati. sehingga kalau terjadi sesuatupun tidak fatal.
5. Baris keempat dari bawah atau Level terendah dari "Gua" bagian atas, si yao: Huo Yue Zai Yuan 或跃在渊 Dari tahapan dibawah menerobos ke bagian atas, maka pantang mundur harus maju terus.
6. Baris kelima dari bawah, wu yao: Fei Long Zai Tian 飞龙在天 Naga terbang di langit. sudah berhasil mencapai tingkatan tinggi.
7. Baris paling atas, shang yao: Kang Long You Hui 亢龙有悔 Penyesalan Naga sombong. Karena bertindak berlebihan, maka akhirnya menyesal.
8.  Beliau mengatakan jika seseorang berpegangan pada Yijing, maka dalam bertindak segala sesuatu tidak akan berlebihan, ia akan selalu memberikan ruang gerak, sehingga tidak menyesal nantinya.

Apa lagi ya? o iya ada tanya jawab, tapi udah capek nih kepanjangan...tolong
disambung sama sodara yang lain deh... ^_^

Salam,

Shuyikto


Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa


Last modified onSunday, 05 August 2012 20:47
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/konten/esai/item/2045-20070313-notulensi-seminar-yi-jing-3

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto