A+ A A-

Born To Be Bad

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Adakah orang jahat sejak lahir ? Apakah para maling, pembunuh dan pemerkosa itu, karena memang sudah ditakdirkan dari sononya ? Bukankah orang jadi jahat atau baik itu karena pilihan kita sendiri yang lebih dikenal dengan sebutan Free Will ? Setiap mahasiswa Psikologi sudah diajarkan, pada saat bayi itu dilahirkan, ia itu masih murni tanpa noda seperti tabula rasa yaitu kertas putih yang nantinya akan ditulisi dengan pengalamannya sendiri.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}


Teori tabula rasa itu adalah dongeng kuno dari filsuf John Locke pada tiga abad yang lampau jadi sudah kadaluarsa. Begitu juga dengan Free Will itu semuanya hanya sekedar ilusi atau isapan jempol saja.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap manusia yang brol dilahirkan di dunia ini harus menjalani kehidupannya masing-masing. Hanya sayangnya kita tidak memiliki hak yang sama. Anak Onasis akan lebih mudah meraih kesuksesan maupun pangkat daripada anak yang dilahirkan dari penjual jamu gendong.

Anak yang dilahirkan di desa klutuk pedalaman di Papua tidak akan bisa mendapatkan fasilitas seperti anak yang dilahirkan di Amsterdam. Jadi dari sudut sini saja sudah terbuktikan bahwa tidak
semua orang memiliki start point yang sama. Kenapa George Clooney dilahirkan dengan wajah yang lebih guaa..anteng daripada mang Ucup ? Apakah ini bisa dibilang adil ?

Sudah terbuktikan, bahwa bakat menjadi seniman itu adalah bawaan sejak lahir. Apabila orang dapat memiliki bakat pembawaan jadi seniman, kenapa tidak bisa memiliki bakat pembawaan jadi jahat ? Apakah mang Ucup jadi Playboy itu juga sudah karena sudah adanya bakat atau bawaan dari sejak orok ?

Orang jadi jahat atau baik itu, karena sudah ditakdirkan sejak lahir ! Sang Pencipta sudah menentukan dari sononya, apakah Sumanto akan jadi pemakan mayat ataukah tidak. Orang yang sudah ditakdirkan jadi jahat tidak akan bisa mengelak, sebab sudah Hardware atau pembawaan dari sononya demikian. Perlu anda ketahui bahwa ini bukan hanya sekedar teori dari mang Ucup yang sedang mabok, melainkan telah terbuktikan secara ilmiah.

John Locke bisa mengeluarkan teori tabula rasa, karena tiga abad yang lampau ilmu pengetahuan belum sedemikian majunya seperti sekarang ini. Mereka belum memiliki instrument CT Scan untuk meneropong dan meneliti otak manusia. Beda dengan manusia jaman sekarang.

Setiap anak kecil juga tahu bahwa komputer Pentium II tidak mungkin bisa berubah menjadi Pentium IV, walaupun ditunjang oleh Software sebagaimana canggihnya sekalipun juga, terkecuali Hardwarenya di Up- Grade. Begitu juga manusia yang sudah dari sononya dilahirkan jadi Jahat tidak mungkin bisa dirubah menjadi Baik, karena orang jadi jahat atau baik itu ditentukan oleh perangkat keras (Hardware) moral perasaan yang sudah tertanam di otak manusia sejak ia brol dilahirkan !

Hal inilah yang ditulis dalam bukunya „Moral Minds" oleh Marc Hauser. He is professor of psychology, organismic and evolutionary biology, and biological anthropology at Harvard University.

Orang jadi jahat, bukannya karena pilihan, melainkan karena Born to be Bad! Pendapat ini didukung sepenuhnya oleh Frans de Waal Guru Besar Psikologi dari Universitas Emory di Atlanta. Ia telah mengadakan penelitian selama puluhan tahun terhadap simpanse maupun manusia yang diungkapkan dalam bukunya "Primates and Philosophers – How Morality Evolved" .

Apakah pendapat ini hanya berdasarkan teori dari para psikolog saja ? Tidak melainkan telah dibuktikan juga guru besar ahli saraf Jerman Hans Markowitsch; "Kita sekarang telah mengetahui dengan pasti dimana letak neuron (sel otak) moral kita yang menentukan apakah ini baik ataukah jahat ! Begitu juga yang menentukan moral itu apa ? " Neuron inilah yang akhirnya menentukan orang itu jadi jahat ataukah tidak ! Jadi bukannya sekedar pilihan (Free Will) melainkan sudah bawaan dari sononya sejak kita brol lahir !

Ditahun 1990-an yang lalu, orang tercengang karena ada penurunan jumlah kriminal dengan sangat drastis terjadi di Amerika Serikat. Hampir semua pakar sepakat hal tersebut disebabkan oleh perangkat hukum yang handal dan penegakkan hukum yang benar-benar tidak main- main alias hukum ditegakkan.

Namun, seorang psikolog mengadakan penelitian dan membalikkan semua asumsi umum tersebut. Ia menganalisa fenomena di tahun 90-an itu dan mengaitkannya dengan kejadian di akhir tahun 60-an hingga 70-an. Pada masa itu, aborsi (menggugurkan kandungan) di Amerika mulai dilegalkan, dan para wanita berbondong-bondong melakukan aborsi terhadap kehamilan yang notabene tidak dikehendakinya.

Akibat dari pemberlakuan legalisasi aborsi ini, hampir semua "calon bayi" yang tidak dikehendaki alias dibenci oleh ibu yang mengandungnya tidak jadi lahir alias mati sebelum lahir. Pendapat
umum di kalangan psikolog, salah satu penyebab seorang manusia jadi jahat adalah karena kurangnya kasih sayang dari orang tuanya, terutama dari sang ibu. Nah, ketika calon bayi tidak diinginkan oleh ibunya untuk lahir, maka kemungkinan besar sang jabang bayi akan menjadi kriminal jika ia lahir dan menjadi dewasa nanti.

Kesimpulan penelitian itu menegaskan bahwa penurunan jumlah penjahat di Amerika tahun 90-an lebih disebakan karena calon kriminal terhambat kelahirannya oleh legalisasi abrosi di negara tersebut 20-an tahun sebelumnya

Tapi agama mengajarkan lain Mang ! Cobalah renungkan oleh akal sehat anda, kenapa Kain bisa membunuh Abel, darimana ia belajar membunuh ? Bukankah mereka itu termasuk manusia pertama dikolong langit ini ? Jawabannya mudah karena Kain itu Born to Kill atau Born to be Bad alias takdir Bung !

Pernah ada orang yang memohon keringanan hukuman dari seorang hakim dengan menyatakan: "Saya jadi maling, karena sudah ditakdirkan dari sononya !" Hakim itu menjawab: "Saya tidak dapat meringankan hukuman anda, karena rupanya anda juga sudah dari sononya ditakdirkan untuk masuk bui terus menerus !"

Moral itu apa ? Apakah ini sama dengan etika ? Kenapa moral seseorang bisa jadi anjlok berubah turun drastis ? Apakah agama bisa memperbaiki moral seseorang ? Bacalah kelanjutannya tulisan mang Ucup.

Mang Ucup
Email: mang.ucup@...
Homepage: www.mangucup.net
http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/26641


Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onThursday, 13 September 2012 06:00
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/konten/esai/item/2292-born-to-be-bad

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto