A+ A A-

Kolor Ijo

  • Written by  Mang Ucup
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Rumah tempat dimana saya dibesarkan berwarna hijau, oleh sebab itu setiap kali saya mendengar lagu "Green-Green Grass of Home" dari Tom Jones selalu teringat akan masa kecil saya. Hal inilah yang mendorong mang Ucup untuk menulis mengenai warna hijau. Lagu dan videoclip bisa di lihat:

 

{youtube}bsGm-DqbmSA{/youtube}

Warna hijau seringkali diidentitaskan sebagai warna umat Islam, sebab warna hijau ini melambangkan sorga = jannah yang identis dengan taman Firdaus. Kata Firdaus itu sendiri diserap dari bahasa Persia = Paradise yang berarti "taman". Menurut Hadits, Nabi Muhammad s.a.w memakai sorban warna hijau dan banyak keturunan Nabi (Sharif) menggunakan warna yang sorban yang sama. Dan berdasarkan Al Quran penghuni sorga pun menggunakan pakaian warna hijau.

Batu permata Zamrud dalam bahasa Inggris disebut Emerald kata ini diserap dari bahasa Sansekerta yang berarti hijau. Begitu juga batu Giok dalam bahasa Tionghoa disebut "Yu" merupakan batu perhiasan para raja. Mereka percaya bahwa batu giok ini berperan sebagai pelindung tubuh manusia, sebab hijau adalah warna yang melambangkan kehidupan dan tumbuh. Oleh sebab itu banyak raja yang dikubur dengan pakaian dan perhiasan penuh dengan batu giok dengan harapan bisa hidup kembali. Konon warna batu giok ini juga bisa berubah menjadi hijau tua, apabila warna batu tesebut berubah berarti sipemilik batu sedang naik daun atau lagi hokie.

Bahasa Jepang, Korea maupun Vietnam menggunakan satu kata untuk warna hijau maupun biru, misalnya dalam bahasa Vietnam "xanh" adalah warna hijau daun dan juga bisa diartikan sebagai warna biru langit.

Orang Jepang memiliki hari libur nasional yang disebut Hari Hijau yang dirayakan setiap tanggal 29 April dengan tujuan agar rakyatnya menikmati dan menghormati alam.Disamping itu seperti juga orang Italy mereka memiliki mie warna hijau yang disebut Soba.

Untuk mengikuti upacara seremoni minum teh hijau dibutuhkan banyak waktu dan kesabaran, sebab upacara minum teh hijau ini membutuhkan waktu sekitar lima jam. Puder teh hijau ini lebih dikenal dengan sebutan "matcha" untuk mempelajari persiapan upacara minum matcha ini dibutuhkan waktu bertahun-tahun. Warna hijau bagi orang Jepang melambangkan luxus oleh sebab itu gerbong mewah dari Kereta Api Jepang diberi warna hijau.

Bagi para penggemar komik tentu tidak asing lagi dengan warna kulit hijau dari tokoh "The Incredible Hulk". Dalam seri Power Rangers dan Super Sentai, semua Rangers Hijau adalah lelaki. Kecuali yang tunggal adalah Super Sentai yang merupakan Pahlawan Hijau wanita yang jahat. Hijau juga berarti penyamaran, karena itu warna hijau biasa digunakan untuk pakaian seragam lapangan bagi tentara.

Referensi pertama yang menyatakan, bahwa makhluk luar angkasa (alien) itu memiliki kulit warna hijau berdasarkan tulisan dari Daily Kennebec Journal yang diterbitkan di Maine – Amerika pada tahun 1908.

Menurut Dante penyair Italy dalam bukunya "la Divina Commedia" (Komedi Tuhan) warna hijau adalah lambang dari harapan. Maka dari itu tidaklah heran untuk tahun 2008 mendatang saja sudah lebih dari 6,4 juta orang mengharapkan untuk bisa mendapatkan "green Card" visa ijin tinggal di Amerika yang setiap tahunnya 50.000 green card diberikan secara undian.

Hijau menyejukkan, secara tidak sadar warna yang banyak dijumpai pada daun-daun ini mengurangi stress. Daun adalah bagian tumbuhan yang kuat. Ia tak lapuk oleh hujan dan tak lekang oleh panas. Daun tak pernah rewel dan tak butuh perawatan `lebih' serta tak butuh sentuhan lembut. Daun lebih tegar. Daun juga tak jarang berfungsi melindungi. Bahkan, daun ada yang menjadi pengobat luka dan penyembuh penyakit-penyakit tertentu yang kadang sulit untuk diobati.

Warna hijau adalah warna yang paling menenangkan bagi mata manusia oleh sebab itulah dikebanyakan ruang bedah di rumah sakit mereka menggunakan cat maupun seragam warna hijau. Hal ini telah terbuktikan di London. Pada awalnya tempat dimana banyak orang bunuh diri di Blackfriars's Bridge memiliki warna hitam, tetapi setelah ini diganti dengan warna hijau jumlah orang bunuh diri turun drastis hingga 34%.

Warna hijau sering juga melambangkan masih belum dewasa oleh sebab itulah sering disebut dengan panggilan "masih hijau" atau dalam bahasa Inggris Greenhorn.

Dan apakah anda tahun beberapa tahun yang lampau di Jakarta ada pemerkosa yang diberi julukan si Kolor Ijo yang sudah pasti ini bukan mang Ucup walaupun saya senang pakai celana kolor warna hijau.

Mang Ucup , 27397
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Homepage: www.mangucup.net

Budaya-Tionghoa.Net |Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onSaturday, 01 September 2012 19:28
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/konten/esai/item/2314-kolor-ijo

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto