A+ A A-

Apa yang dimaksud dengan Taisui ?

  • Written by  Ardian Zhang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Apa yang dimaksud dengan Taisui ? Dalam kitab Shiji bagian Tianguan 史记 天官书 dikatakan bahwa di langit ada lima unsur dan di bumi ada lima hubungan atau pergerakan: shuixing [chenxing,  辰星], jinxing [taibai-太白],huoxing [ying Huo -熒惑], tuxing [zhen xing-鎮星], muxing [suixing-歲星]. Muxing inilah yang kita sebut Suixing dan pergerakan Taisui ini adalah 60 pergerakan sesuai dengan pergerakan cabang langit dan ranting bumi. Dimana Suixing sebagai waktu bergerak dan berinteraksi dengan Taisui sebagai ruang, tapi secara mudah kita sebut saja Taisui yang bergerak berdasarkan ritme waktu dan ruang.

 

Artikel Terkait:

{module [201]}

JIA 甲, ZI 子, JIA 甲, YIN 寅 , JIA 甲, CHEN 辰, JIA 甲 , WU 午, JIA 甲, SHEN 申, JIA 甲 , XU 戌 , YI 乙 , CHOU 丑, YI 乙, MAO 卯, YI 乙, SI 巳 , YI 乙, WEI 未, YI 乙, YOU酉, YI 乙, HAI 亥, BING 丙, ZI 子, BING 丙, YIN 寅, BING 丙 , CHEN 辰, BING 丙, WU 午, BING 丙, SHEN 申, BING 丙, XU 戌, DING 丁, CHOU 丑

DING 丁, MAO 卯, DING 丁, SI 巳 , DING 丁, WEI 未 , DING 丁, YOU 酉, DING 丁, HAI 亥, WU 戊, ZI 子, WU 戊, YIN 寅, WU 戊, CHEN 辰, WU 戊, WU 午, WU 戊, SHEN 申, WU 戊, XU 戌, JI 己, CHOU 丑, JI 己, MAO 卯, JI 己, SI 巳, JI 己, WEI 未, JI 己, YOU 酉, JI 己, HAI 亥, GENG 庚, ZI 子, GENG 庚, YIN 寅, GENG 庚, CHEN 辰, GENG 庚, WU 午, GENG 庚, SHEN 申, GENG 庚, XU 戌, XIN 辛, CHOU 丑, XIN 辛, MAO 卯, XIN 辛, SI 巳, XIN 辛, WEI 未, XIN 辛, YOU 酉, XIN 辛, HAI 亥, REN 壬, ZI 子, REN 壬, YIN 寅, REN 壬, CHEN 辰, REN 壬, WU 午, REN 壬, SHEN 申, REN 壬, XU 戌, GUI 癸, CHOU 丑, GUI 癸, MAO 卯, GUI 癸, SI 巳, GUI 癸, WEI 未, GUI 癸, YOU 酉, GUI 癸, HAI 亥

 

甲子金辨, 乙丑陳才, 丙寅沈興, 丁卯耿章, 戊辰趙達, 己巳郭燦, 庚午王清, 辛未李_, 壬申劉旺,癸酉康志, 甲戌訾廣, 乙亥吳保, 丙子郭嘉, 丁丑汪文, 戊寅曾光, 己卯龔仲, 庚辰章德, 辛己鄭祖, 壬午陸明, 癸未魏仁, 甲申方杰, 乙酉蔣嵩, 丙戌白敏, 丁亥封濟, 戊子鄭堂, 己丑潘佑, 庚寅鄔桓, 辛卯范宁, 壬辰彭泰, 癸巳徐斝, 甲午章誠, 乙未楊賢, 丙申管仲, 丁酉康杰, 戊戌姜武, 己亥謝燾, 庚子盧超, 辛丑湯信, 壬寅賀諤, 癸卯皮時, 甲辰李誠, 乙巳吳遂, 丙午文哲, 丁未繆丙, 戊申喻志, 己酉程實, 庚戌猊秘, 辛亥葉堅, 壬子丘德, 癸丑林朴, 甲寅張朝, 乙卯万清, 丙辰辛亞, 丁巳易彥, 戊午黎卿, 己未傅儻, 庚申毛梓, 辛酉石政, 壬戌洪克, 癸亥盧程

 

Menurut keyakinan agama Tao, keenampuluh Taisui ini pernah menitis ke dunia diberbagai jaman dan diberbagai kehidupan. Mereka semua asalnya adalah dewa langit yang turun ke dunia untuk membantu manusia. Mereka turun untuk menderita sebagai manusia, memiliki tubuh, darah dan juga perasaan manusiawi, ada yang menikmati hidup panjang dan ada yang pendek umur, ada yang menderita dalam kehidupannya. Tapi mereka ke 60 Taisui ini memberikan contoh-contoh yang baik bagaimana manusia seharusnya bertindak terhadap sesama dan alam.

Salah satu ajaran yang bisa dirangkum dari cerita 60 Taisui itu adalah bahwa di dunia ini ada 4 budi yang sulit dibalas. Adapun ke empat budi ini adalah :  budi orang tua, budi langit dan bumi, budi guru, budi negara

Taisui Dan Kaitannya Dengan Hidup Manusia

Taoism percaya bahwa waktu dan ruang adalah  salah satu bentuk yang ada dalam alam semesta ini, dan setiap hal yang berkaitan dengan waktu dan ruang ada penguasanya yang memiliki kewajiban atau tugas sesuai dengan fungsinya.

Dan Taisui adalah pergerakan Muxing dalam edar matahari adalah hal pandangan yang umum dari sudut pandang astronomi, tapi dari sudut pandang Taoism, garis edar waktu itu yang mengelilingi ruang memiliki suatu keterkaitan dengan manusia ataupun alam, dimana garis edar ruang dan waktu memiliki pengaruh bagi siapapun dan apapun.

Alam semesta ini begitu luas, secara sederhana kita bisa berpikir bahwa kita yang hidup di bumi saja sebenarnya memiliki keterkaitan dengan bulan. Secara mudahnya kita bisa artikan bahwa , Tiangan bisa diartikan adalah ruang atau langit dan Dizhi bisa diartikan waktu atau bumi Dan pergerakan itu adalah suatu kekuatan atau Dewa yang kita sebut 60 Taisui. Terjadinya ketidak seimbangan atau perubahan kondisi yang terkait dengan kita, terutama dalam masalah kondisi waktu bisa merugikan diri kita, karena itulah dilakukan suata cara yaitu yang kita sebut An Taisui.

Pengaruh Taishui Dalam Kehidupan Manusia

Karena siklus jiazi terbentuk dari pasangan batang langit dan cabang bumi, maka di balik semua itu adalah lima unsur. Bila unsur-unsur yang terkandung dalam tahun yang berlaku adalah unsur yang baik bagi pribadi bersangkutan, ia boleh mengharapkan keuntungan pada tahun tersebut.

Sebagai contoh, mari kita analisa bagaimana pengaruh tahun 2008 bagi pria yang lahir pada tanggal 12 januari 1982 di atas. Tahun 2008 pasangan batang langit dan cabang buminya adalah Wuzi. Wu berunsur tanah dan zi berunsur air. Tanah merupakan unsur yang kurang baik bagi pria berunsur kayu lemah di atas (unsur lawan), sedangkan zi merupakan unsur yang baik (unsur kawan). Selanjutnya kita melihat bahwa unsur cabang bumi tahun 2008 adalah air, sehingga kita dapat melihat bahwa tahun 2008 dapat mendatangkan keuntungan bagi pria ini. Namun batang langitnya adalah tanah, yang merugikan bagi orang itu. Karena tanah menghancurkan air, kita boleh menyimpulkan bahwa pria tersebut pada tahun 2008 akan mendapatkan keuntungan, tetapi jalannya tidak mudah dan ia akan mendapatkan banyak halangan pula.

Tentu saja contoh di atas adalah analisa bazi yang sangat disederhanakan. Analisa yang lengkap jauh lebih rumit dan mempertimbangkan banyak faktor. Namun berdasarkan contoh ini, diharapkan kita semua dapat memperoleh gambaran bagaimana interaksi antara dimensi waktu dengan kehidupan seseorang. Jika dimensi waktu tidak menguntungkan bagi seseorang, inilah yang disebut chong atau konflik.

Cara Mudah Menghitung Chong

Selain menganalisa interaksi unsur yang terkandung dalam diagram bazi seseorang; chong dapat pula dihitung berdasarkan hubungan antara batang langit dan cabang bumi itu sendiri. Antara batang langit dan cabang bumi terjadi interaksi satu sama lain, baik yang disebut penggabungan, pertentangan, hukuman, struktur arah, dan lain sebagainya. Ilmu bazi mengenal pula apa yang dinamakan Enam Pertentangan atau Liuchong antar cabang bumi:

  1. Zi (tikus) – Wu (kuda)
  2. Chou (kerbau) – Wei (kambing)
  3. Yin (harimau) – Shen (kera)
  4. Mao (kelinci) – You (ayam)
  5. Chen (naga) – Xu (anjing)
  6. Si (ular) – Hai (babi)

Untuk mudahnya akan disajikan dalam bentuk diagram berikut ini:

Keenam Pertentangan atau konflik ini merupakan pertentangan langsung antara cabang bumi. Jika seseorang terkena salah satu di antara Liuchong 六冲 ini maka akan berdampak kurang baik dalam kehidupannya. Secara mudahnya, tarik saja garis yang berlawanan, dan itulah yang disebut cong. Selain enam pertentangan, masih terdapat lagi apa yang dinamakan fan. Ini berarti bahwa cabang bumi tahun kelahiran sama dengan cabang bumi tahun yang berlaku. Misalnya orang itu lahir di tahun tikus (zi) dan tahun yang berjalan adalah tahun tikus (zi).

  1. 子 zi = Tikus
  2. 丑 chou = kerbau
  3. 寅 yin = harimau
  4. 卯 mao= kelinci
  5. 辰 chen = naga
  6. 巳 si= ular
  7. 午 wu = kuda
  8. 未 wei= kambing
  9. 申shen= monyet
  10. 酉you = ayam
  11. 戌 xu = anjing
  12. 亥 hai = babi

Penyebutan 12 binatang ini sebagai lambang 12 ranting bumi  atau tahun adalah suatu jembatan kedelai yang mempermudah orang untuk mengingat tahun. Harap jangan salah kaprah dengan beranggapan bahwa tahun tikus itu sifat orang seperti tikus.

HAI / PIAN CHONG 害 / 偏冲 [Benturan Samping , Hai , Bahaya]

Cara menghitungnya, hitung dari tahun atau ranting bumi yang berlaku kemudian hitung 3 kesamping kiri dan kanan, maka anda bisa mendapatkan perhitungannya.

Taisui Dan Dimensi Arah

Taishui juga dikaitkan dengan arah mata angin. Berikut ini adalah daftar arah Taishui pada setiap tahunnya. Rumah-rumah yang menghadap arah-arah tersebut hendaknya tidak direnovasi saat tahun berlakunya Taishui yang bersangkutan.

Pada tahun Tikus (Zi) Taishuinya berada di utara.

Pada tahun Sapi (Chou) Taishuinya berada di timur laut.

Pada tahun Macan (Yin) Taishuinya berada di timur laut.

Pada tahun Kelinci (Mao). Taishuinya berada di timur.

Pada tahun Naga (Chen) Taishuinya berada di tenggara

Pada tahun Ular (Si) Taishuinya berada di tenggara

Pada tahun Kuda (Wu) Taishuinya berada di selatan

Pada tahun Kambing (Wei) Taishuinya berada di barat daya

Pada tahun Kera (Shen) Taishuinya berada di barat daya

Pada tahun Ayam (You) Taishuinya berada di barat

Pada tahun Anjing (Xu) Taishuinya berada di barat laut

Pada tahun Babi (Hai) Taishuinya berada di barat laut


Rumah Saya Menghadap Utara:  Apakah Di Tahun 2008 Boleh Di Renovasi? 

Jawab: Tahun 2008 adalah Wuzi atau tahun tikus (dapat dilihat pada almanak); jadi Taishuinya menghadap ke utara, karena itu rumah Anda tidak boleh direnovasi. Arah lainnya BOLEH direnovasi. Taishui dongtu 太岁动土 atau kita artikan adalah dimensi arah atau ruang, selain dilarang untuk renovasi berdasarkan arah tertentu, juga arah tersebut jaman dahulu dilarang dijadikan medan perang, merambah lahan, membuka lahan dan sebagainya. Artinya alam diberi nafas agar bisa merehabilitasi. Pandangan ini adalah pandangan yang mulia, dimana manusia harus menjaga sikapnya terhadap alam dan dalam hal ini kita sebut saja terhadap Taisui.

Kapan Waktu Untuk Melakukan Upacara An Taisui  安太岁 ?

Upacara An Taisui dilakukan setelah tanggal 4 bulan 1 Imlek dan paling lambat menjelang akhir bulan 1 Imlek. Dan Xie Taisui  谢太岁 atau ucapan terimakasih, dilakukan pada tanggal 23 bulan 12 Imlek.

Dari Semua Itu, Apakah Ada Tahun-Tahun Kelahiran Khusus ?

Ada, kita istilahkan Taisui Yaji zhu 太岁压祭主, dimana orang yang kelahiran tahun itu harus berusaha menghindari tempat-tempat yang mengandung hawa Yin atau negative yang kuat. Misalnya sebagai salah satu contoh adalah ke tempat yang meninggal.

  1. JIA ZI甲子 1984, 1924
  2. DING YOU丁酉 1957
  3. BING WU丙午 1966
  4. YI MAO 乙卯1975
  5. GUI YOU癸酉1933,1993
  6. REN WU壬午1942,2002

Tapi cara itu selalu ada penangkalnya terutama dalam kasus yang tertentu, misalnya ketika kita datang untuk memberikan penghormatan kepada anggota keluarga yang meninggal atau juga kerabat.Cara yang umum adalah mengulum irisan jahe, dimana gunanya adalah meningkatkan hawa YANG atau positif sehingga tubuh bisa menolak hawa YIN.Ini bukan berkaitan dengan roh-roh setan atau apapun, ini berkaitan dengan energi buruk atau Yin dan kondisi irama tubuh kita yang sedang merosot.

Apakah ciong macan putih dan lima setan juga merupakan ciong terhadap Taisui ?

Sebenarnya istilah ciong macan putih dan 5 setan adalah istilah yang tidak tepat. Yang tepat adalah pelanggaran atau fan 犯 . Dan bukan ciong Taisui.

Adakah cara menghitungnya ?

Jelas ada dan termasuk mudah, dimana hitungannya sebenarnya mudah, lihat tahun yang berlaku, misalnya tahun 2008 adalah tahun Zi kemudian  tarik atau hitung 4 kekiri, maka anda akan mendapatkan shio atau tahun kelahiran yang kena fan, tahun ini yang kena fan 5 setan adalah tahun kelahiran Chen atau shio naga. Ke kanan adalah macan putih dan tahun kelahiran shen atau monyet yang kena fan macan putih.

Apakah ada cara khusus untuk mereka yang kena fan macan putih dan 5 setan ?

Memang ada beberapa cara khusus, tapi secara umum dapat dikatakan upacara Lidou cukup untuk mereka yang kena fan macan putih dan 5 setan ?

Apakah ada alasannya kenapa upacara Lidou juga cukup ?

Karena dalam upacara Lidou ada semacam upacara khusus yang mengundang dan menyelaraskan mereka yang kelahiran tahun Chen dan Shen atau shio monyet dan naga. Dimana dalam kitab Beidou jing disebutkan bahwa bintang ke 5 yaitu Danyuan Lianzhen Gang  丹元廉贞罡星君adalah pelindung tahun Chen dan Shen.

Bagaimana cara An Taisui itu ?

Kurang lebih mereka yang An Taisui itu menggunakan uang logam yang kita sebut Ya Sui Qian 压岁钱 dan melalui pembacaan doa untuk Taisui. Kemudian mereka diberi satu lembar hu yang bisa melindunginya dari marabahaya. Kemudian mereka diberi satu mantra yang bisa melindungi diri mereka. Seperti contoh di bawah ini.

Apakah ada tips khusus yang bisa membuat upacara An Taisui menjadi lebih efektif ?

Semua upacara tolak bala adalah jembatan dan memiliki suatu tujuan yang mulia. Seperti yang telah ditulis diatas bahwa ke 60 Taisui menitis ke dunia dan Mereka semua memberikan sumbangsih bagi kemanusiaan dan selalu mengingat 4 budi besar yang sulit dibalas. Selayaknya kita yang mengikuti upacara itu juga turut mengikuti jejak Mereka dan belajar berterimakasih kepada siapapun yang telah membantu diri kita. Dan perlu diingat bahwa setiap tanggal 23 bulan 12 kita berterimakasih kepada Taisui yang telah melindungi diri kita. Dan ini adalah suatu sikap yang baik yaitu kita belajar berterimakasih kepada siapapun yang membantu diri kita. Dan yang terutama adalah kita selalu ingat ke empat budi besar itu dan berusaha melakukan hal-hal yang terbaik untuk ke empat itu. Yakni, orangtua, langit dan bumi, guru, negara. Cara atau langkah yang paling awal adalah dengan berterimakasih terlebih dahulu. Mereka yang tidak bisa menghormati orangtuanya, tidak akan bisa menghormati Tuhan atau Mahluk Suci dengan tulus. Dengan menghormati orangtua secara tidak langsung telah menghormati Tuhan dan Mahluk Suci, dikutip dan diartikan secara bebas dari ujar Kong Zi.

SEMUA UPACARA POUN ATAU CISWAK BERTUJUAN MEMBERIKAN 5 KEBAHAGIAAN YANG BENAR.

  1. Panjang umur
  2. Berkecukupan, makmur, hidup bahagia
  3. Sehat dan Tenang
  4. Berbudi baik
  5. Meninggal dengan tenang

五福 :一曰壽, 二曰富, 三曰康寧, 四曰好德,五曰善終  (尚書 洪範 )

KITAB SHANGSHU BAB HONGFAN

“SESAMA PENGANUT JALAN SUCI TIDAK BOLEH SALING MERENDAHKAN” KONG ZI

“JALAN LANGIT TIDAK PILIH KASIH, SELALU DEKAT DENGAN MANUSIA SALEH DAN BERBUDI LUHUR” LAO ZI

ARDIAN CHANGIANTO

Budaya-Tionghoa.Net |


TAUTAN INTERNAL :

  1. http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/58598

Pihak yang ingin mempublikasi ulang tulisan dalam web ini diharapkan untuk menyertakan link aktif : www.budaya-tionghoa.net , NAMA PENULIS dan LINK aktif yang berada didalam tulisan atau membaca lebih jauh tentang syarat dan kondisi . Mempublikasi ulang tanpa menyertakan tautan internal didalamnya termasuk tautan luar ,  tautan dalam , catatan kaki , referensi , video , picture , sama dengan mengurangi konten dalam tulisan ini.



Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/konten/esai/item/939-apa-yang-dimaksud-dengan-taisui-

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto