A+ A A-

Dua Tokoh Purba Yang Kurang Dikenal

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email


Budaya-Tionghoa.Net |
Dalam catatan sejarah perkembangan kebudayaan Tiongkok , kita bisa melihat bahwa mereka menyadari bahwa manusia tidak langsung menjadi bangsa beradab. Proses-proses perubahan dari manusia purba menjadi manusia yang beradab dapat kita lihat dari legenda tokoh-tokoh manusia purba. Mungkin kita sudah mengetahui bahwa Huang Di (Yellow Emperor) sering disebut peletak kebudayaan Tiongkok atau pemersatu bahkan bisa dikatakan sebagai bapak bangsa.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Disini saya menuliskan nama 2 orang (yang mungkin merupakan legenda) yang dapat dikatakan sebagai manusia purba yang mencoba mencari cara dan mengajarkan rakyat agar dapat hidup lebih layak lagi.

You Chao 有 巢 konon adalah manusia purba yang mengajarkan membuat
tempat perlindungan atau tempat tinggal manusia dengan membangun gubuk atau sarang. Sui Ren 燧人 adalan manusia purba yang mengajarkan membuat api untuk memasak. Dan selain dua nama (periode) masih ada nama-nama lain seperti Nv Wa , GongGong , Zhu Rong , Shen Nong , Fu Xi dan HuangDi (Xuan Yuan) yang dapat dikatakan adalah periode peradaban Tiongkok purba hingga menjadi suatu masyarakat yang memiliki peradaban.

Terlepas dari benar tidaknya keberadaan orang-orang tersebut, kita
bisa melihat dari suatu sudut pandang lain yaitu masa atau periode jaman purba. Saya beranggapan bahwa para filosof purba dan catatan-catatan kuno melihat bahwa manusia berasal dari masyarakat purba yang belajar dari

Memang dalam filsafat Tiongkok tidak mengatakan penciptaan secara
tegas, tapi bisa dikatakan lebih mentitikberatkan proses perubahan dari manusia purba menuju manusia yang memiliki peradaban. Dan semua proses perubahan itu melalui pembelajaran dari alam sekitarnya.

Kita bisa melihat itu dalam catatan-catatan Tiongkok seperti Lv Shi Chun Qiu 呂 氏 春秋, Han FeiZi dan lain-lain. Juga bentuk atau rupa Fuxi , Shen Nong yang digambarkan sebagai manusia yang berpakaian daun. Para arkeologpun menyadari bahwa memang manusia gua memang ada dan exist serta mengalami proses menjadi manusia yang memiliki peradaban.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa 9673

Photo Credit :
Description  English: The Shou Qiu site - the two giant turtle-borne steles on the eastern and western side of a small lake. As almost all turtles of these kind, the two turtles look to the south. The western stele is known as "Qing Shou Stele", the eastern stele, as the "Wan Ren Chou Stele" Date 24 January 2011
Source :Vmenkov ,
This file is licensed under the Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported, 2.5 Generic, 2.0 Generic and 1.0 Generic license.


Last modified onThursday, 18 October 2012 08:06
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/konten/item/1453-dua-tokoh-purba-yang-kurang-dikenal

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto