A+ A A-
Album Foto

Album Foto (103)

Dokumentasi Foto : Qiu Gongsi ( Khoo Kongsi ) Penang

 

Pada saat saya  mengunjungi Penang, saya menggunakan waktu yang sedikit untuk mengunjungi Khoo Kongsi. Khoo Kongsi ini adalah organisasi marga Khoo (baca Khu), karakter Hanzi-nya adalah ªô¤½¥q (Qiu Gongsi). Kongsi di sini walaupun berarti harfiah perusahaan, namun hanya bersifat sosial, tidak merupakan perusahaan komersial.

Read more...

Dokumentasi Foto : Perayaan Goan Siau - Manado

 

Budaya-Tionghoa.Net | Selain 3B (Bibir, Bubur, Bunaken), Manado juga terkenal dengan perayaan Cap Go Meh-nya atau disebut juga perayaan Goan Siao. Perayaan Cap Go Meh di Manado hampir semeriah perayaan Cap Go Meh di Singkawang ditinjau dari segi atraksi dan jumlah pengunjunganya, hanya Manado tidak mempunyai pawai Lampion seperti di Singkawang, yang diadakan dua hari sebelum perayaan Cap Go Meh sebagai puncak atraksinya. Kedua perayaan Cap Go Meh di kedua kota tersebut mempunyai keunikan masing-masing.Sebagai ibukota propinsi Sulawesi Utara, Manado lebih mudah pencapaiannya dibandingkan dengan Singkawang, karena Manado mempunyai lapangan terbang sendiri (Sam Ratulangi) yang telah dimodernisasi, sehingga para wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara dapat langsung tiba ditempat (banyak perusahan penerbangan dengan tujuan Manado), sedangkan Singkawang masih belum memilikinya, sehingga para wisatawan yang menggunakan pesawat terbang harus mendarat di Pontianak dahulu sebelum menempuh jalan darat selama 2,5-3 jam menuju Singkawang. (Pengantar , Golden Horde)

Read more...

Fotografi : Kirab Budaya Bandung 2013

 

Budaya-Tionghoa.Net | Capgo Meh  memiliki makna bulan purnama yang pertama di tahun yang baru, adalah tradisi dan budaya orang Tionghoa yang sudah berumur ribuan tahun, tentunya tidak mudah lenyap begitu saja. Pada hari Sabtu tanggal 2 Februari 2013 sebuah festival penutupan hari raya Imlek kembali diadakan di kota Bandung. Ini adalah perayaan yang ketiga setelah 2011 dan 2012 , dimana setengah abad lebih festival itu tidak dirayakan dan sekarang mulai menggeliat di kota Bandung. Capgo meh terakhir dirayakan pada tahun 1959, adapun perayaan yang dilaksanakan para tanggal 2 Maret lalu diselenggarakan agar bisa dirayakan secara bersama-sama dan kebetulan  hari sabtu dan aktifitas ekonomi tidak setinggi hari biasa, turis juga bisa menikmati kirab budaya ini. (Pengantar , Ardian Cangianto)

Read more...

Dokumentasi Foto : Sun Yatsen Memorial Hall Penang

Budaya-Tionghoa.Net | Sun Yat-sen Memorial Hall terletak di jalan Macalister , George Town , Penang , Malaysia. Di masa akhir Dinasti Qing , sebuah klub baca yang dimulai oleh Tung Meng Hooi , sebuah aliansi revolusi Tionghoa yang bermula di Tokyo pada tahun 1905 mulai memperjuangkan bentuk republik sebagai ganti dinasti di Tiongkok. 

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto