A+ A A-

Merawat Hidup Ala Taoisme dan Interaksinya dengan Dunia (Bagian 2 Tamat)

道教養生與世界互動

 

Oleh : Prof. Lv Xichen

3Raih kehampaan menjaga keheningan

Budaya-Tionghoa.Net | “Aktulisasi diri”,”mengenal diri”,”setiap org ada apresiasi” adalah kegelisahan rohani yang diatasi dengan makna dangkal dari “memeluk kesederhanaan kembali ke asli”, yang dimaksud adalah dengan menghargai dan menjaga karakter asali setiap orang, membuat distinksi, kestabilan hubungan, juga mengandung karakterisitik total tendesi/kecenderungan karakter yang pasti (ke dalam dan ke luar), ini adalah setiap orang yang berbeda.

Read more...

Merawat Hidup Ala Taoisme dan Interaksinya dengan Dunia (Bagian I)

道教養生與世界互動

 

Oleh : Prof. Lv Xichen

Budaya-Tionghoa.Net| Taoisme mengutamakan menjunjung Tao dan menghargai kebajikan, berkehendak mencapai Dao menjadi xian. Demi merealisasi ambisi sepanjang hayat manusia ini, orang-orang Tao menjunjung kehidupan, memperbaiki psikis dan fisik sebagai doktrin,  menyatunya tubuh dan jiwa, meneruskan dan mengembangkan melalui kerjakeras untuk mengeksplorasi rahasia kehidupan,  mengekspresikan eksplorasi dan pemahaman budaya tionghoa yang khas tentang kehidupan, mengakumulasikan pengetahuan merawat hidup yang amat kaya, tidak hanya lapisan dalil filsafat seni merawat hidup dari Taoisme, juga membentuk mulai dari kegiatan makan minum sehari2 sampai cara mengurus manusia, aturan2 melatih menjaga diri dan perilaku, mencakup menjaga tubuh, kesehatan jiwa dan kesehatan semangat dan lain-lainnya.

Read more...

Jamur Lingzhi - Tanaman Umur Panjang

 

Budaya-Tionghoa.Net|Jamur lingzhi 靈芝 sering diartikan sebagai tanaman yang berumur panjang dan dianggap abadi, bernama latin Ganoderma lucidum, dan tumbuh pada bagian akar dari pohon-pohon besar.

Sumber gambar : http://en.wikipedia.org/wiki/Lingzhi_mushroom

Dalam bentuk yang dikeringkan, jamur ini tahan lama. Karakteristik inilah yang menyebabkan jamur lingzhi dijadikan simbol umur panjang dan keabadian. Kuil-kuil sering mengkoleksi awetan jamur ini dalam jumlah besar, baik dalam bentuk asli maupun dalam bentuk ukiran-ukiran kayu bersepuh emas.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto