A+ A A-

Asal Usul Peramalan Raut Wajah

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net|Perilaku, tabiat dan sifat-sifat seseorang selalu ingin diketahui oleh orang lain. Xun Zi 悎赽 , yang dapat dikatakan bapak filsafat Legalisme awal menyatakan bahwa raut muka, mimik muka seseorang berkaitan dengan sifat-sifatnya. Dalam catatan Li Ji 獰暮 disebutkan bahwa kaisar Yao mengambil orang  dari ketegapan dan kegagahan , kaisar Sun dari raut muka , kaisar Yu dari tutur bahasa , raja Tang dari nada suara dan raja Wen dari perilaku.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Catatan sederhana ini sudah menunjukkan bahwa dari jaman purba sudah dicoba cara-cara untuk merekrut orang. Dan dari cara-cara itu berkaitan dengan bentuk raut wajah atau tubuh. Walau catatan itu tidak dapat dikatakan benar secara historis dan perkembangan ilmu raut bentuk itu booming atau menjadi populer pada saat Chun Qiu.

Banyak kisah-kisah yang berkaitan dengan hal itu.
Misalnya Fan Li 毓騠 (cat: kemudian menjadi Tao ZuGong 枎翋鼠 atau konglomerat pertama di Tiongkok)yang menjadi bawahan raja Yue kemudian meninggalkannya ketika raja Yue berhasil menaklukkan kerajaan Wu. Fan Li meninggalkan raja Yue karena menurutnya berdasarkan raut bentuk wajah ,raja Yue adalah raja yang ingat pada masa susah dan lupa jasa orang lain pada masa senang.

Wei Liao merupakan penasehat perang terhebat pada masa pemerintahan
Yingzheng atau yang kita kenal sebagai Qin Shi Huang juga beranggapan bahwa raut wajah Yin Zheng adalah wajah orang kejam dan ketika cita- citanya mempersatukan daratan tercapai maka kekejamannya akan mencuat keluar dan semakin menjadi-jadi.

Ada pandangan lain mengapa Wei Liao seorang penasehat perang yang luar biasa hebatnya mau mendukung Yin Zheng, pandangan Wei Liao adalah menghentikan peperangan antar negara yang melelahkan dengan mendukung kerajaan Qin. Kebetulan kerajaan Qin saat itu merupakan kerajaan yang bisa dikatakan siap dan teratur dalam banyak hal. Berbeda dengan kerajaan-kerajaan lain yang lemah dan digerogoti oleh keboborkan sistem.

Xuan Tong , 14362

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

 

Last modified onFriday, 16 November 2012 14:43
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1210-asal-usul-peramalan-raut-wajah

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto