A+ A A-

Yu Hai : Dari Bodyguard Zhou Enlai Menjadi Bintang Laga

  • Written by  Michael Lee
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Yu Hai atau Yue Hoi dalam dialek Cantonese , dilahirkan di mainland  pada tahun 1942 dan mulai latihan seni bela diri sejak usia belia .  Pada masa Yu masih di mainland , pemerintah RRT memberlakukan berbagai aturan mengenai seni bela diri . Teknik perkelahian hanya diajarkan kepada tentara dan polisi sedangkan untuk rakyat sipil , seni bela diri yang boleh dipelajari menekankan pada gaya akrobatik dan kecepatan tanpa tujuan pertarungan yang real.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Yu Hai, sempat menjadi bodyguard Perdana Mentri Zhou En Lai [berkuasa 1949-1976] , terkenal dengan jurus belalang sembahnya.  Tahun 1974 dia memimpin tim wushu Tiongkok untuk tour ke Mexico, USA, dan Hong Kong.  Salah satu anggota atlit wushunya adalah Jet Li Liangji yang waktu itu masih anak kecil, yang diberi kesempatan untuk memperagakan jurus2nya di depan White House.  Setelah itu beliau terjun ke dunia perfilman dan berlakon bersama Jet Li dalam beberapa film.

Di awal tahun 80-an , Yu Hai terlibat dalam film "Shaolin Temple 少林寺" [1982] yang juga menjadi debut bagi Jet Li. Ironis bagi Yu Hai untuk berperan sebagai rahib Shaolin sementara latar belakang Yu sendiri adalah Taichi dan Yi Jing. Yu Hai kembali membintangi "Kids From Shaolin 少林小子" [1984]  , "Martial Arts Of Shalin 南北少林 " [1986]. Ketiga film Shaolin ini meraih sukses dan turut melambungkan nama Jet Li.

Di awal tahun 90-an , Yu Hai ikut bermain bersama Cynthia Khan  dalam "Deadend of Besigers" [1992] . Yu Hai masih terlibat dalam beberapa film seperti The White Lotus Cult [1993] , Taichi Master [1993].


Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa 13389

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1295-yu-hai--dari-bodyguard-zhou-enlai-menjadi-bintang-laga

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto