A+ A A-

Resep Ayam Kukus Dengan Arak Beras

  • Written by  Dr Han Hwie-Song
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Resep "Ayam Kukus Arak Beras" dibuat dengan bahan seperti satu kilogram ayam , 100 - 125 ml. arak Shao-shing atau sherry , merica secukupnya , vetsin  kira-kira ½  sendok teh,  kecap asin yang ringan 2 sendok makan (juga untuk memberi warna coklat ringan) dan garam secukupnya

Artikel Terkait :

{module [201]}

Cara membuatnya dengan mencampurkan semua bumbu dan diaduk sampai rata. Kemudian  ayam dibersihkan, isinya perut dibuang, lalu dimasukkan dalam mangkok besar atau ayam dipotong-potong dan di tempatkan di mangkok. Dengan cara yang belakangan ini bumbunya lebih mudah masuk dalam daging ayam.

Campuran bumbu di siramkan pada ayam, lalu digosok beberapa kali dan dibiarkan kira-kira satu jam lamanya, biar bumbu-bumbu masuk merata pada ayam . Dikukus kira-kira 20-30 menit lamanya dan diangkat biar dingin dan dimakan dengan saus. Cara membuat sausnya dengan bahan minyak wijen dan kecap asin , dengan masing-masing perbandingan 30-70.

Kuisin ini istriku belajar dari Ama (pembantu) sewaktu kami tinggal di Shanghai pada tahun enam puluhan. Makanan ini adalah makanan saderhana dari rakyat biasa di Republik Rakyat Tiongkok , mudah dikerjakan tetapi dimakan dengan nasi yang masih panas enak rasanya.Boleh juga dimakan dengan sambal ala Indonesia atau dengan saus tomat.

Dr. Han Hwie-Song

Budaya-Tionghoa.Net| Mailing - List Budaya Tionghua 12519

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1323-resep-ayam-kukus-dengan-arak-beras

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Tionghoa

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto