A+ A A-

Khoo Kongsi

  • Written by  Rinto Jiang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Dua minggu lalu, saat mengunjungi Penang, saya menggunakan waktu yang sedikit untuk mengunjungi Khoo Kongsi. Khoo Kongsi ini adalah organisasi marga Khoo (baca Khu), karakter Hanzi-nya adalah 邱公司 (Qiu Gongsi). Kongsi di sini walaupun berarti harfiah perusahaan, namun hanya bersifat sosial, tidak merupakan perusahaan komersial.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Khoo Kongsi adalah organisasi perkumpulan marga Khoo (Qiu) dari Klan Leong Shan (Long Shan), yang asalnya dari desa Sin Kang di pesisir Hokkian. Klan ini mempunyai banyak keturunan di Malaysia, Indonesia (Medan dan Jawa). Khoo Kongsi juga merupakan salah satu dari 5 kongsi marga besar di Penang, yaitu Chia (Xie), Tan (Chen), Lim (Lin) dan Yeoh/Nyo (Yang).

Bagi teman-teman milis yang bermarga Khoo (Qiu) dari klan Leong Shan (Long
Shan), kalau sempat ke Penang, dapat menyempatkan diri mengunjungi Khoo Kongsi ini yang terletak di pusat kota Georgetown, di utara Pulau Penang. Mana tahu masih merupakan saudara jauh.

Ini ada website-nya:
http://www.khookongsi.com.my

Di Indonesia, perkumpulan sejenis banyak terdapat di daerah2, cuman
mungkin informasinya belum diarsipkan dan terbuka di internet. Satu2nya perkumpulan yang telah online saya kira hanya perkumpulan Keturunan Gan Peng (Yan Bin) yang datang dari Hokkian 300 tahun lalu. Perkumpulan ini diarsipkan oleh Bung Steve, anggota milis ini juga yang merupakan keturunan Gan Peng. (http://www.ganpeng.org)


Rinto Jiang

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1851-khoo-kongsi

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Tionghoa

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto