A+ A A-

Jack Ma & Alibaba (3) - China Pages & Alibaba

  • Written by  Ha Hui
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Ma memulai untuk membangun sebuah situs untuk sebuah perusahaan dengan pertolongan temannya di Amerika Serikat. Di tahun 1995 , Ma mendirikan China Pages dan dari tahun 1998-1999 , Ma memimpin sebuah perusahaan IT yang didirikan oleh China International Electronic Commerce Center.  Pada bulan Februari 1998 , Zhang Chaoyang secara resmi meluncurkan portal Sohu . Di tahun yang sama juga Jack Ma meluncurkan bursa online dalam format Bulletin Board Services. Setahun berikutnya Jack Ma meluncurkan Ali Baba yang memiliki 65 juta anggota dari seluruh dunia. Grup Alibaba terus berkembang dengan tambahan Taobao Marketplace , Taobao Mall , eTao , Alibaba Cloud Computing dan China Yahoo.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Pada bulan Juni 1999, Jack Ma bersama 18 pendiri lainnya secara resmi meluncurkan perusahaan induk , Alibaba Group. Sebulan kemudian Alibaba China Control Shares Ltd didirikan di Hong Kong. Bulan Oktober , Alibaba menambah modal sebesar 5 juta USD melalui Goldman Sachs.

Alibaba vs eBay

Helen Wang (2004) merasakan atmosfir bisnis di kantor utama Alibaba di Hangzhou seperti dia merasakan suasana di Silicon Valley. Di tahun 2004 , eBay memasuki pasar Tiongkok dengan rencana besar mendominasi pasar Tiongkok. Pada waktu itu orang Barat jarang mendengar tentang profil perusahaan Alibaba.

Setahun sebelumnya ruang dewan petinggi Alibaba di Hangzhou dipenuhi asap rokok . Jajaran top-management berdebat tentang masa depan Alibaba menghadapi persaingan melawan eBay yang akan memasuki pasar Tiongkok. Posisi Alibaba ketika itu seperti kurcaci melawan raksasa eBay yang punya segalanya pada saat itu, sebuah perusahaan multinasional dengan penghasilan miliaran dollar dan manajemen jebolan Harvard Business School.

Dalam rapat itu Ma tiba-tiba menepukkan kedua tangannya dan memberikan aba-aba agar seluruh yang hadir pada saat itu segera berdiri menghadap tembok. Semua orang menuruti kemauan boss mereka sambil bertanya-tanya apa yang akan terjadi. Kemudian Ma meminta semuanya untuk berdiri atas-bawah , dengan demikian semuanya dapat melihat perspektif baru termasuk dirinya sendiri.

Ma kemudian berkata , “Ebay sangat terkenal di Amerika Serikat tetapi di Tiongkok hanya 10% dari 100 orang yang pernah mendengar eBay.

Intinya , di kandang sendiri Ma hendak menekankan bahwa Alibaba tetap lebih dikenal masyarakat . Dengan pengguna eBay sebesar 4 juta pengguna masih terlalu kecil disbanding 80 juta pengguna di Tiongkok pada saat itu. Dan Ma yakin Alibaba masih mempunya kesempatan besar.”

Dimusim semi 2003 , Meg Whitman berada di Shanghai dalam proses kelanjutan eBay mengakuisisi EachNet yang didirikan seorang Tionghua lulusan Harvard , Bo Shao , di tahun 1999. Akuisisi ini berlangsung mulus dengan persamaan fitur-fitur EachNet yang memang mengadaptasi gaya eBay. Whitman tertarik dengan pertumbuhan double-digit Tiongkok dan prospek kedepannya. Whitman memperkirakan bahwa Tiongkok akan menjadi pasar terbesar eBay . Pada saat itu Jack Ma bermanuver meluncurkan Taobao. Ma segera mendapat perhatian media massa karena usaha yang dinilai “bunuh diri”. Whitman bahkan sama sekali tidak memperhitungkan Taobao sebagai ancaman seperti yang dikatakannya kepada Wall Street Journal. Kabar buruk bagi Whitman , Taobao didukung oleh bank Masayoshi dan Yahoo! Japan untuk mengalahkan eBay di Jepang. Karena maneuver ini eBay mengundurkan diri dari pasar Jepang dan memutuskan untuk memenangkan pasar di Tiongkok.

Di tahun 2005 , Taobao memasuki market Hong Kong dan menjalin hubungan dengan Sohu sebagai mitra dari Taobao dan sementara itu Alibaba bergabung dengan Yahoo!China dengan 40% shares dan 35% hak voting. Yahoo ! Alibaba diluncurkan sebagai mesin pencari baru. Di bulan November 2007 , Alibaba.com mendekati publik untuk pendanaan , menerbitkan saham di pasar saham Hongkong , pada penawaran awal , IPO  untuk menerima 1.5 milyar dollar HKD . Saham ini meliputi 17 persen dari total nilai perusahaan , yang dialokasikan ke publik karena total penilaian Alibaba.com waktu itu sekitar 10 miliar dollar HKD . Nilai perusahaan itu segera melonjak menjadi hampir 26 miliar HKD.

Ma percaya bahwa jika dia sukses , maka setiap orang pun bisa melakukannya. Tetapi tidak setiap orang menetapkan untuk merestrukturisasi bisnis global dengan menciptakan sebuah model baru untuk penggunaan internet. Secara sistematis , Ma menyusun unsur-unsur model baru yang disebut sebagai "ekosistem" . Ma memulai gerakan global dari. satu ruang kecil di Tiongkok , dan memungkinkan jutaan perusahaan kecil untuk menggunakan internet sebagai instrumen bisnis . Dengan instrumen ini , Ma juga turut membangkitkan perdagangan di Tiongkok , dan juga menambah bobot Tiongkok di panggung dunia.

 

KRONOLOGI

 

1964 – Jack Ma dilahirkan pada tanggal 10 Oktober
1984 – Ma masuk sekolah pada usia 20 tahun setelah gagal menempuh ujian masuk dua kali.
1988 – Ma lulus dari Hangzhou Normal College setelah menempuh pendidikan selama empat tahun. Zhang Chaoyang secara resmi mendirikan portal Sohu.com di Tiongkok dan terdaftar di Nasdaq ditahun 2000.
1988 – Ma mulai mengajar bahasa Inggris di Hangzhou Electronics Technology College
1994 – Ma mendirikan agen penerjemah , Haibo Translation Agency di Hangzhou
1995 – Ma melakukan kunjungan pertama ke Amerika Serikat dan berjumpa dengan internet
1995 – Dibulan April , Ma mendirikan China Yellow Pages di Hangzhou
1996  - Peope Daily mulai menggunakan web sebagai sarana lain untuk berita
1997 – China Pages dijual ke Hangzhou Telecom
1998 – Ma menghabiskan 14 bulan di Beijing.
1999 – Ma kembali ke Hangzhou bersama teamnya , dan dibulan Februari mendirikan Alibaba.com di rumahnya . Bulan Maret , situs Alibaba diluncurkan . Bulan Juli , Alibaba China Control Shares Ltd didirikan di Hongkong . Ditahun yang sama , Goldman Sachs menjadi investor utama di Alibaba sebesar 5 juta USD
2000 – Zhang Ying , istri Jack pensiun dari Alibaba.
2001 – Alibaba menjadi perusahaan pertama di dunia dengan anggota melampaui satu juta orang.
2002 – Alibaba Jepang diluncurkan dengan kampanye skala penuh untuk mengambil pasar Jepang.
2003 – Bulan Mei , Taobao didirikan diam-diam. Dibulan Juli Alibaba secara resmi mengumumkan di Beijing mengenai investasi 100 juta RMB untuk Taobao. Dibulan Agustus , Taobao merayakan 100 hari pendirian pada 17 Agustus. Bulan Oktober , Alibaba mendirikan Alipay. Bulan November , Trade Manager Instant Messaging Software diluncurkan untuk memudahkan user berkomunikasi secara real time.
2004 – Alipay diluncurkan sebagai perusahaan yang terpisah
2005 – Taobao masuk ke pasar Hong Kong . Bulan April , Taobao dan Sohu menjadi partner. Bulan Agustus , Alibaba bergabung dengan Yahoo China , dan menerima investasi 1 juta USD dari Yahoo . Bulan November Yahoo dan Alibaba mengumumkan mesin pencari baru. Di tahun ini pula , Ma masuk sebagai salah satu dari 25 pengusaha paling powerful menurut Fortune. [1]

2009 –Alibaba mendonasikan 5 juta USD untuk meluncurkan Grameen China dan menyediakan kredit kecil di Mongolia dan kawasan.
2010—Forbes  dmembuat satu profil singkat mengenai Jack Ma dalam “48 Heroes of Philanthropy”. Jack menolong para petani untuk meningkatkan hasil panennya dengan memperkenalkan reformasi pendidikan. gempat Sichuan. Guardian (2010) memberitakan dua langkah akuisisi yang dilakukan oleh Alibaba terhadap perusahaan Amerika Serikat seperti Vendio dan Auctiva. Hal ini berkaitan dengan ekspansi AliExpress. Sementara itu Taobao mengklaim telah mempunyai 190 juta pengguna dengan transaksi online total sebesar 88.2 miliar Yuan dikuarter kedua tahun 2010. Tiongkok adalah negara dengan pengguna internet terbesar didunia atau sekitar 400 juta pengguna internet . Deutsche Bank memperkirakan bahwa transaksi online di Tiongkok bisa mencapai 1.5 triliun yuan di tahun 2014 dengan pertumbuhan 42 persen pertahun. [2]

 

BIODATA[3]

 

  • Jack Ma
  • Age: 47
  • Sumber kekayaan : Internet
  • Tempat Tinggal : Hangzhou, China
  • Kewarganegaraan : China
  • Pendidikan : Bachelor of Arts / Science, Hangzhou Teacher''s Institute
  • Marital Status: Menikah
  • Peringkat Forbes # 442 orang terkaya didunia
  • Peringkat Forbes # 18 orang terkaya di Tiongkok

 

 

 

REFERENSI :

 

  1. Liu Shiying , Martha Avery , 2009 , Alibaba : The Inside Story behind Jack Ma and the creation of the World’s Biggest Online Marketplace”.
  2. Helen Wang , “The Chinese Dream : The Rise of the Worlds Largest Middle Class and What It…………

 

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onSaturday, 22 September 2012 01:48
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2083-jack-ma--alibaba-3-china-pages--alibaba

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Tionghoa

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto