A+ A A-

Beberapa Transliterasi Mandarin Bagi Nama-nama Tokoh dan Tempat di Kepulauan Nusantara Tempo Dulu

  • Written by  Ivan Taniputera
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

 

Budaya-Tionghoa.Net | Hubungan antara Kepulauan Nusantara dengan Negeri China telah berlangsung semenjak zaman dahulu. Berikut ini adalah beberapa transliterasi Mandarin bagi berbagai nama tempat di Kepulauan Nusantara.

 

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 

重迦羅 (zhòngjiāluó). Sumber: Xingcha Shenglan, Dinasti Ming, 1436. Merupakan sebutan bagi Pulau Madura. Bila dikembalikan pada nama aslinya, nampaknya mengacu pada Hujung Galuh, atau nama lama bagi Madura.

墮婆登 (duòpódēng). Sumber: Sejarah Lama Dinasti Tang, buku 197. Merupakan sebutan bagi Bali. Podeng itu mengacu pada Bantan, yang merupakan nama lama Bali.

干拖利 (gāntuōlì ). Sumber: Sejarah Dinasti Liang (502 – 557), buku 54. Merupakan sebutan bagi pantai timur Sumatera. Nama ini mengacu pada Kandari atau Gandhari.

思離朱囉無尼佛麻調華 (sīlí zhūluówúnífómádiàohuá). Sumber: Sejarah Dinasti Song (960 – 1279). Ini merupakan raja salah seorang raja Srivijaya, yang mengacu pada Raja Sri Sudhamanivarmadeva).

文郎馬神(wénlángmǎshén) didapat dari Catatan Sejarah Dinasti Ming, buku ke 323. Mengacu pada Banjarmasin.

買哇柔, (Hokkian Be-oa-jiu; Mandarin mǎiwāróu), yang mengacu pada suku Dayak Biaju atau Ngaju.

吉里地悶 (jílǐdìmèn) Sumber: Xingcha Shenglan yang berangka tahun 1436 dari Dinasti Ming. Ini mengacu pada Pulau Timor. Istilah dìmèn sendiri masih dipergunakan untuk menyebut Timor hingga saat ini.

美洺居 (měimíngjū) Sumber: catatan Sejarah Dinasti Ming (1368 – 1644), buku 323,. Nama ini mengacu pada Maluku. Lihat buku Nusantara dalam Catatan Tionghua halaman 165, yang mengejanya sebagai Mi-Li-Kiu.

宰奴里阿必丁已 (zǎi núlǐābì dīngyǐ). Sumber: Sejarah Dinasti Ming, buku 32. Nama salah seorang raja di Sumatera. Nama ini nampaknya mengacu pada Zainul Abidin.

Ivan Taniputera
5 Agustus 2009

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

 


 
Last modified onSaturday, 04 August 2012 06:06
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2200-beberapa-transliterasi-mandarin-bagi-nama-nama-tokoh-dan-tempat-di-kepulauan-nusantara-tempo-dulu

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Tionghoa

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto