A+ A A-

Lima Cabang Ilmu Dalam Daoisme

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Yang dimaksud wushu atau 5 ilmu sebenarnya adalah ilmu Taoism dan berasal dari budaya dan peradaban Tiongkok yang sudah ribuan tahun. Kemudian diserap dan dikompilasi menjadi 5 ilmu dalam Taoism.

 

 

Artikel Terkait:

{module [201]}


Shan tidak hanya mempelajari filsafat saja, tapi ada bagian-bagian dari shan.

Shan :

1.xuandian atau mempelajari kitab filsafat atau ajaran para orang suci terutama kitab Laozi dan Zhuangzi untuk pengolahan diri.
2.zhuji, meditasi penenangan pikiran ( cat: sering disebut jingzhuo atau duduk hening ), kontemplasi atau perenungan, tuna ( cat: membuang nafas dan mengambil nafas atau olah pernafasan yang benar ), disiplin hidup yang benar. Tujuannya antara lain adalah agar jing, qi dan shen bisa dikontrol dengan baik.
3.quanfa, ilmu beladiri, dimana tujuan utamanya adalah menguatkan tubuh sehingga sehat dan tidak mudah sakit. Selain itu juga daoyin termasuk kategori ini.
4.shi er, penggunaan bahan-bahan alami dan tumbuh-tumbuhan untuk kesehatan tubuh, diet.
5.fuzhou, ilmu pengontrolan energi tubuh untuk melawan hawa jahat dan kemampuan menembusi dimensi-dimensi ruang dan waktu demi kebaikan orang lain dan juga digunakan sebagai salah satu cara latihan mereka. Atau juga bisa dikatakan ilmu yang berbau supra natural.


Yi :
1.fangji, ilmu ramuan atau juga pengobatan yang menggunakan ramuan yang direbus, dibuat pil atau koyo.
2.zhenjiu, ilmu tusuk jarum dan moxabasi.
3.lingzhi, ilmu psikologi yang digunakan untuk mengobati gejala kejiwaan.
4.qigong ( cat: jaman dahulu banyak sebutannya antara lain shenggong, neigong ), therapy pernafasan dengan pengoptimalan kemampuan tubuh menyerap O2 dan respirasi yang baik kemudian melakukan beberapa gerakan untuk melancarkan peredaran darah dan melemaskan otot-otot tubuh. Dengan therapy ini diharapkan pasien atau orang yang sakit cepat sembuh.
5.tuina, ilmu pijit atau menekan titik jalan darah tertentu.


Dalam mempelajari 5 ilmu terutama shan, ada urutan yang harus dimulai, anda bisa lihat yang harus dimulai dalam mempelajari shan atau gunung adalah filsafat yang bertujuan memupuk moralitas.

Pada jaman dahulu hampir jarang para Daoshi mengajarkan fuzhou tanpa melewati xuandian. Banyak kasus, murid-muridnya digembleng untuk mempelajari xuandian baru boleh melangkah ke tahapan selanjutnya.

Bahkan ada yang sampai 20 tahun mempelajari filsafat tanpa pernah mempelajari yang lainnya. Untuk kenaikan tingkat, terutama dalam sekte Zhengyi, mereka diuji oleh para seniornya sekitar 3 sampai 5 tahun sekali. Aliran Quanzhen juga konon mengenal sistem ujian seperti itu hanya beda sebutan saja.

Semakin tinggi tingkatan mereka, vinaya merekapun semakin bertambah dan tanggungjawab mereka akan kemampuan mereka juga semakin bertambah besar. Sehingga mereka semakin berhati-hati dalam bertindak. Tapi oknum tentu saja tetap ada.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

 

Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2388-lima-cabang-ilmu-dalam-daoisme

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto