A+ A A-

Tradisi Tionghoa Untuk Mengatasi Anak Yang Menangis Di Malam Hari

  • Written by  Liu Weilin
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Sebagai orang tua tentunya akan cemas ketika anak-anak mengalami penyakit atau kondisi yang tidak jelas dan pihak medis sulit untuk mengatasi masalah tersebut terutama untuk bayi dan balita.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Dalam tradisi Tionghoa , paling tidak Tionghoa di Singkawang contohnya ada beberapa hal yang biasa dilakukan.

Salah satunya adalah Se Sha Sui 洗赦水 . Sha Sui adalah sejenis herbal atau tumbuhan yang dijemur dan biasanya mempunyai duri . Sha Sui ini kegunaannya dapat dipakai saat memandikan anak yang biasanya terkena qi negatif sehabis mengunjungi rumah duka. 

Orang tua yang baru melayat kemudian pulang kerumah dan kebetulan punya anak yang masih balita dapat menggunakan cara tersebut untuk gejala terkena "sha" , yaitu gejala menangis ditengah malam sehabis jam 12. 

Metode lain adalah Hem Fu atau Ham Fun 喊 魂 . Ham artinya memanggil dan fun adalah roh. Ham Fun adalah penggunaan mantera dimana nama dan lokasi bayi tersebut berada. Bayi yang gejalanya rewel dan sering menangis baik tengah malam ataupun terkena shock yang dalam bahasa Hakka disebut Hak to ( 吓倒).

Hamfun biasanya dilakukan oleh yang dituakan atau orang pintar dengan membakar sebatang hio ditengah pintu rumah atau halaman rumah dengan membawa bayinya untuk dipanggil kembali rohnya yang terkena hakto.

Metode lain mengunakan hu yang dibuat oleh lauya dengan diletakkan diatas bantal yang akan ditiduri oleh bayi tersebut. Dan keesokan harinya dibakar untuk dimandikan bersama Sha Sui yang ditambahi  mat cho ( rumput mat), sie miong atau daun ilalang.

Jadi konsepnya adalah  menguatkan po tubuh dan mengusir po luar. Hun dan po anak kecil masih belum stabil dan terpadu. Hun dan po bisa buyar atau kabur karena keluar dari keharmonisan karena gangguan yang berasal dari luar misalnya terkejut atau trauma terjatuh . 

Demikian tiga hal yang biasa dilakukan oleh Tionghoa yang berada di Singkawang . Mungkin teman-teman disini bisa menambahkan hal-hal lain. 

LIU WEILIN , 10151364437887436

Baca juga : Sajak Perlindungan Untuk Anak/Bayi Yang Menangis Di Malam Hari

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

 

 

Last modified onFriday, 25 January 2013 10:04
Rate this item
(8 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2656-tradisi-tionghoa-untuk-mengatasi-anak-yang-menangis-di-malam-hari

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto