A+ A A-

The House of Aisin Gioro [4] - Yizhu (Xianfeng)

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Aisin Gioro Yizhu (1831-1861) adalah kaisar ketujuh Dinasti Qing yang memerintah di Tiongkok sebagai Kaisar Qing Wenzong dengan nama era Xianfeng (1850-1861) yang berarti kemakmuran universal.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 Yizhu dilahirkan di Beijing pada tahun 1831 dan merupakan anak keempat dari Aisin Gioro Miannning (1782-1850)  yang merupakan kaisar Qing Xuanzong dengan nama era Daoguang (1820-1850) dengan pasangan Imperial Concubine Quan dari klan Niuhuru.

 Kaisar Qing Xuanzong wafat pada 25 Februari 1850 setelah berkuasa selama 30 tahun Yizhu naik tahta pada usia 19 tahun untuk menjadi kaisar Qing Wenzong pada 9 Maret 1850 ketika Pemberontakan Taiping (1851-1864) bermula di Tiongkok Selatan.

Yizhu memiliki beberapa wanita istana disekitarnya seperti Empress Xiaodexian (1831 – 1850) dari klan Sakda , Empress Dowager Ci’an (1837-1881) dari klan Niuhuru dan Empress Dowager Cixi (1835-1908) dari klan Yehenara.

Cixi yang ambisius berhasil menarik hati kaisar dengan kecantikan dan bakatnya. Cixi terpilih menjadi seorang selir pada tahun 1851 yang posisinya bertambah kuat karena berhasil memberikan anak lelaki satu-satunya bagi kaisar.

 Kaisar muda ini harus menghadapi berbagai pemberontakan yang lain seperti Pemberontakan Nian (1851-1868) , Pemberontakan Panthay (1856-1873) , Pemberontakan Miao (1854-1871) dan meningkatnya tekanan Barat pasca Perang Candu.

Kaisar juga menolak untuk meratifikasi Perjanjian Aigun (1858) yang terjadi sebelum dirinya menjadi kaisar. Rusia mengambil keuntungan dari Perang Candu II atau Arrow War  dengan menjadi mediator antara Qing dengan Inggris-Perancis dan meminta imbalan untuk sebuah perjanjian baru yaitu Konvensi Beijing (1860)

Semasa Perang Candu II (1856-1860), Inggris dan Perancis menyerang ibukota Beijing dan Kaisar Qing Wenzong bersama orang-orang istana mengamankan diri ke Rehe (Jehol) . Tak lama kemudian  beliau wafat pada tahun 1861 dan dimakamkan di Eastern Qing Tombs.

Sebelum wafat dia memberikan gelar pada Imperial Concubine Yi sebagai Empress Dowager Cixi untuk membantu satu-satunya anak lelakinya , Aisin Gioro Zaitian yang masih balita untuk menjadi Kaisar Qing Muzong dengan nama era Tongzhi.  Empress Dowager Cixi menjadi salah satu wanita paling berkuasa dan berpengaruh dalam sejarah Tiongkok.

Yang menarik lagi bahwa  sebelum wafat , kaisar meninggalkan edict rahasia kepada sang ratu   bahwa jika Cixi  dikemudian hari mendatangkan kesulitan yang mengancam kekaisaran Qing maka sang ratu punya hak untuk mengeksekusinya .

Masa pemerintahan Xianfeng merupakan masa kedua setelah masa pemerintahan Daoguang dimana Tiongkok mulai kehilangan wibawanya. Perang Candu dalam dua jilid ditambah pemberontakan yang meluas hampir saja merubuhkan Dinasti Qing lebih awal.  Kedamaian panjang Qing dimasa tiga kaisar awalnya dimasa pemerintahan Kangxi – Yongzheng – Qianlong membuat pasukan Qing tidak mawas diri dan kemampuan tempurnya merosot dan disisi lain ancaman seberang lautan meningkat.  Kaisar Qing Wenzong juga melakukan pemecatan dan pengangkatan gubernur secara intens sebagai reaksinya terhadap Pemberontakan Taiping.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

REFERENSI

Gao James , (2009) , “Historical Dictionary of Modern China 1800-1949” , Scarecrow Press

 Woo XL , “Empress Dowager Cixi” , Algora Publishing

 Dillon Michael ,(2012) , ”China : A Modern History”

 Guy Kent , (2010) , “Qing Governor and Their Provinces” , University of Washington Press

APPENDIX
Full Name : Aisin Gioro Yizhu
Klan : Aisin Gioro
Era Name : Xianfeng ,
Posthumous Name : Xiétiān Yìyùn Zhízhōng Chuímó Màodé Zhènwǔ Shèngxiào Yuāngōng Duānrén Kuānmǐn Zhuāngjiǎn Xiǎn
Temple Name : (Qing) Wenzong
Predecessor : Aisin Gioro Mianning / Daoguang / (Qing) Xuanzong
Successor : Aisin Gioro Zaichun / Tongzhi  / (Qing) Muzong
Burial : Eastern Qing Tombs
Father : : Aisin Gioro Mianning / Daoguang / (Qing) Xuanzong
Mother : Empress Xiaoquancheng
Issue : Aisin Gioro Zaichun , Princess Rong'an
Spouse : Empress Xiaodexian ,Empress Dowager Ci'an , Empress Dowager Cixi Imperial Noble Consort Zhuangjing , Imperial Noble Consort Duanke , Noble Consort Mei , Noble Consort Wan , Consort Lu , Consort Ji , Consort Xi , Consort Qing Zhang clan., Imperial Concubine Yun, Imperial Concubine Rong , Imperial Concubine Shu , Imperial Concubine Yu

Last modified onSunday, 27 January 2013 12:53
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2663-the-house-of-aisin-gioro-4-yizhu-xianfeng

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto