Logo
Print this page

Qin Mu Gong - Adipati Mu (659-621 SM)

Budaya-Tionghoa.Net | Ying Renhao atau Adipati Mu atau Qin Mu Gong (659-621SM) dipandang sebagai Lima Hegemon atau Wuba 五霸 dalam periode Chunqiu dimasa Dinasti Zhou.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Dia dilahirkan pada tahun 659 SM dan merupakan anak dari Adipati De.  Qin Mu Gong menikah dengan Mu Ji , seorang wanita yang merupakan putri dari Adipati Xian aka Xian Gong dari negara Jin (sekarang Shaanxi) pada tahun 655 SM. (Lily Xiao , p34)

Dia menggabungkan 12 negara untuk memperluas wilayah kearah barat yang  pada masa modern ini merupakan bagian dari wilayah Provinsi Shaanxi dan Gansu.

Berbeda dengan tokoh-tokoh yang dianggap sebagai Wuba , Qin Mu Gong tidak pernah menjadi penguasa di Zhongyuan tetapi kekuasaannya tidak pernah terpuruk di Barat.

Dia juga mencoba untuk mengitimidasi utusan asing dengan menunjukkan istananya yang bahkan para roh tidak dapat membangunnya tanpa menghabiskan kekuatannya.  

Kekuatan Qin Mu Gong ditopang oleh orang-orang pandai seperti Baili Xi , Jian Shu , You Yu , Pi Bao , Gong Sun et al .  

Pada suatu ketika Qin Mu Gong sempat menolak saran yang masuk akal dari Bai Liyuan dan Jian Shu sehingga mengalami kekalahan . Beliau menyesali sikapnya dan terus menyalahkan diri untuk menerima nasehat.

Orang berbakat lainnya adalah You Yu yang semula merupakan pejabat di kawasan Rong . Mendengar bakat , kompetensi dan budi pekerti You Yu , maka sang adipati menggunakan nasehat You Yu untuk memberikan hadiah berupa wanita , seniman dan musisi kepada penguasa Rong .

Hadiah-hadiah tersebut membuat penguasa Rong  lupa diri terbenam dalam kesenangan semata dan kehilangan control politiknya . You Yu kemudian meninggalkan kawasan Rong dan mengabdi kepada Qin Mu Gong serta membantunya untuk menguasai kawasan Rong. (Rong merupakan satu dari empat bangsa asing yang berada diluar Tiongkok yang terdiri dari Xirong di barat , Dongyi di timur , Beidi di utara dan Nanman diselatan.)

Menurut Shiji oleh sejarahwan besar Sima Qian Di tahun 246 SM , Li Si mengkomentari kegagalan Qin Mu Gong sebagai seorang hegemon atau Ba 霸 yang tidak dapat mempersatukan apa yang kemudian menjadi enam negara.  Li Si menjelaskan bahwa kegagalan ini karena begitu banyak pemimpin dimasa Qin Mu Gong sebelum wibawa dinasti Zhou menurun .

Qin Mu Gong wafat pada tahun 621 SM dan kemimpinannya diteruskan oleh anaknya , Qin Kang Gong atau Adipati Kang dari Qin (berkuasa 620-609 SM)

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

 

FURTHER READING

 

The Cambridge History of Ancient China
Yoseph Yap , (2009) , “Wars with The Xiongnu” ,  Author House

 

Lily Xiao et al , (2007) , “ Biographical Dictionary of Chinese Women” , ME Sharpe

 

Last modified onSunday, 03 February 2013 12:33
Rate this item
(0 votes)
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2681-qin-mu-gong-adipati-mu-659-621-sm?tmpl=component&print=1
Budaya Tionghoa Copyright © 2003 - 2013 .