A+ A A-

Mengenal Ciswak [1]

  • Written by  Ardian
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Kata ciswak merupakan kata yang umum didengar terutama mereka yang sering ke kelenteng. Tapi banyak yang tidak mengerti mengenai makna dari kata ciswak 祭煞. Kata ciswak atau jisha sering juga disebut zhi sha 制煞. Untuk memahami arti ciswak tidak bisa diartikan dari kata-kata itu saja tapi diperlukan pengertian filsafat Tionghoa yang mendalam dan dipahami makna-makna ritualnya.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Pengertian Ji Sha dan Zhi Sha adalah: JI 祭 = menyembayangi. SHA 煞=buruk, bencana, malapetaka, jahat. Secara umum Sha diartikan adalah hal yang buruk, malapetaka. Zhi 制= mengontrol. Arti lain adalah ritual untuk menolak bencana. 祭送凶神恶煞 menyembahyangi dan mengantar dewa malapetaka.

Pengertian lain adalah adanya ketidak seimbangan antara YIN YANG. Kondisi ketidak seimbangan ini selalu ada dalam alam semesta. Arti dari kata itu adalah menyembahyangi keburukan atau juga bisa diartikan menghentikan atau mencegah keburukan. Agama dan budaya manapun di dunia ini mengenal beragam macam ciswak dengan berbagai sebutan yang berbeda tapi memiliki inti yang sama, yaitu menolak bala, pemberkatan, perlindungan.


Ciri khas ciswak berdasarkan budaya Tionghoa dan filsafatnya adalah bersifat langsung : misalnya upacara pernikahan, kematian dan lain-lain. Dalam hal ini ada beberapa yang berkaitan dengan masa dan ruang.

Hal lainnya adalah berdasarkan konsep ruang dan waktu. Karena adanya ke tidakseimbangan YinYang sehingga menyebabkan Qi buruk timbul. Sifat waktu adalah periode waktu yang dihitung. Sifat Arah termasuk posisi rumah, kuburan, posisi isi rumah berdasarkan masa atau tanggal kelahiran


Qi buruk bisa timbul pada dua kaitan. Pertama , berkaitan dengan Nian Sha 年煞, Yue Sha 月煞, Ri Sha 日煞, Shi Sha 時煞 atau waktu. Artinya adalah tahun, bulan, hari dan jam. Kedua , berkaitan dengan Tian Sha天煞, Di Sha 地煞 atau WuFang Sha 五方煞 atau bisa dikatakan berkaitan dengan ruang (煞方). Artinya berkaitan dengan arah.

Ketika kita membuka TongShu atau buku pintar, ada bagian yang merupakan kalender atau sering disebut NongMin Li 農民曆 dan juga disebut sebagai XiaLi 夏曆. Didalam kalender itu ada hari-hari yang diperbolehkan untuk bertindak dan tidak boleh bertindak. Juga ada arah yang boleh ditempuh dan tidak boleh ditempuh. Arah bangunan yang baik dan bangunan yang buruk.

Dasar yang melandasi prinsip ruang dan waktu

Kaitan yang mendasari hal-hal diatas adalah konsep San Cai atau 3 keselarasan. San Cai三才 meliputi : Langit ( 陰陽 Yin Yang ) Tian Cai,  Bumi ( 柔剛 Lembut Keras ) Di Cai , Manusia ( 仁義 Kemanusiaan Keadilan ) Ren Cai Berdasarkan dari kitab YIJING 易經 ...........Bersambung

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(1 Vote)

Related items

back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/325-mengenal-ciswak-1

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Tionghoa

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto