A+ A A-

Erlang Shen

  • Written by  You Qing Long
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Erlang Shen merupakan dewa yang terkenal dan banyak orang yang beranggapan bahwa kuil Erlang Shen itu berpusat di Guankou 灌口 , Sichuan 四川. Hal ini dapat dibuktikan kuil Erwang Miao yang hingga sekarang masih ada di Du Jiang Yan 都 江 堰 , Si Chuan 四 川。Kuil ini dibangun untuk mengenang jasa Li Bing 李冰 dan anaknya yaitu Li Erlang 李二郎 terutama karena jasanya membangun kanal yang berguna bagi para petani untuk pengairan dan mencegah banjir.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Sedangkan mengenai siapa sesungguhnya Erlang Shen ini , tentunya banyak versi. Tapi semua versi itu mengkaitkan dengan tokoh sejarah yang pernah eksis di dunia ini. Walau ada satu versi yang mengkaitkan dengan hal lain.

Li Bing 李冰 adalah pejabat pada masa kerajan Qin yang saat itu diperintah oleh Qin XiaoWen Wang 秦孝文王。Beliau menjadi gubernur di provinsi Sichuan dan seperti yang ditulis di atas, beliau berjasa besar dalam mengatasi banjir serta membangun kanal.

Zhao Yu 赵昱 sebenarnya adalah orang yang bertapa dan mempelajari ajaran Dao di gunung Qingcheng 青城山 ( salah satu pusat perkembangan Taoism dan konon mesiu diciptakan oleh seorang Taoist yang tinggal di gunung ini) , provinsi Sichuan. Ketika pada masa pemerintahan Suiyang Di , beliau dipaksa turun gunung dan menjabat menjadi kepala daerah di Jia Zhou, Sichuan. Ketika beliau menjabat itu sering ada naga banjir 蛟龙 yang membuat bencana bagi masyarakat sekitar.

Beliau dengan gagah berani berhasil mengalahkan naga banjir tersebut. Setelah mengalahkan naga banjir itu beliau kemudian mengundurkan diri dan mengasingkan diri. Dan tidak diketahui keberadaannya. Pada saat itu beliau baru berusia 26 tahun. Konon setelah itu beliau sering menampakkan diri untuk menolong rakyat terutama ketika sungai Jia Ling 嘉陵江 banjir. Atas jasanya , kemudian rakyat setempat mengangkat beliau menjadi dewa.

Pada masa dinasti Tang , kaisar Tang Tai Zong memberi gelar Jendral Gagah Berani kepada Zhao Yu. Kemudian pada masa dinasti Song utara , kaisar Zhen Zong memberi gelar QingYuan MiaDao Zhen Jun 清源妙道真君。Gelar ini kemudian dianggap menjadi gelar resmi untuk Beliau atau Erlang Shen. Gelar itu sering disingkat menjadi Qing Yuan Zhen Jun atau Ceng Guan Ceng Kun.

Kisah Yang ErLang atau Yang Jian , mungkin lebih sering terdengar setelah dinasti Ming.
Kisah penamaan Yang Jian tercatat dalam dua novel terkenal yaitu Xi You Ji 西游记 atau "Perjalanan Ke Barat " yang menceritakan Sun Wukong 孙悟空 melawan Yang Jian 杨戬 . Yang Jian dalam kisah XiYou Ji diceritakan sebagai keponakan Yuhuang Shangdi 玉皇上帝 atau Kaisar Pualam. Sedangkan dalam kisah Fengshen Yanyi 封神演义 , beliau diceritakan sebagai murid dari Yuding Zhenren 玉鼎 真人 dan membantu Jiang Ziya 姜子牙 melawan kaisar Zhou 纣王。

Selain itu ada kisah rakyat yang menceritakan ErLang Shen yaitu Bao Lian Deng. Mengenai nama Yang Jian , ada 2 versi yang menceritakan asal usul nama tersebut.

Satu adalah Yang Jian yang menjadi pejabat kasim kepercayaan pada masa dinasti Song utara dibawah kepemimpian kaisar Song Hui Zong 宋徽宗. Ketika itu lady/selir Han 韩夫人 karena sakit kemudian di tempatkan di rumah Yang Jian. Pada suatu hari selir Han hendak mengunjungi kuil QingYuan Miaodao Zhenjun Erlang Shen untuk memohon kesembuhan. Siapa menyangka pengurus kuil itu yaitu Sun Shentong memiliki niat buruk dan ingin menodai selir Han.

Diam-diam Sun Shentong menyusup ke kediaman Yang Jian pada malam hari dan menyaru menjadi dewa Erlang Shen kemudian mengatakan kepada Lady Han bahwa dirinya memiliki jodoh dengan dewa Erlang. Yang Jian mengetahui hal tersebut dan menjadi marah kemudian membuat suatu perangkap sehingga Sun Shentong bisa tertangkap dan diadili. Karena itu banyak orang yang mempercayai bahwa Yang Jian inilah Erlang Shen sesungguhnya. Marga Yang yang diberikan kepada Er Lang Shen dipercaya berasal dari kisah ini.

Bahkan ada yang beranggapan bahwa cerita diatas ini yang memberikan inspirasi Wu ChengEn ketika menulis Xi You Ji, yaitu pertarungan antara Er Lang Shen dengan Sun Wu Kong. Dimana dalam pertarungan tersebut adalah pertarungan mengubah diri dan diceritakan bahwa Sun Wukong hanya menguasi ilmu 72 perubahan sedangkan Erlang Shen menguasai ilmu 73 perubahan. Karena itu Sun Wu Kong bisa ditangkap oleh Er Lang Shen dengan bantuan Taishang Laojun.

Terlepas dari kisah-kisah itu , banyak yang meyakini bahwa ErLang Shen adalah dewa yang memiliki jasa besar bagi masyarakat terutama untuk mengatasi banjir. Makna dari Erlang Shen yang terkait dengan kisah-kisah seputar dirinya tentunya mengajarkan kita agar berusaha memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat serta mendobrak dengan cerdik perilaku orang-orang yang mengatasnamakan dewa atau agama demi kepentingan pribadi.

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua 14040

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/357-erlang-shen

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto