A+ A A-

Review Film : "Conspirator" (2013)

  • Written by  Heni (Bentara)
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Film “Conspirator” adalah trilogi dari film “The Detective” (2007) dan “The Detective 2 ” (2007) . Film ini cukup menjanjikan dengan kolaborasi antara sutradara Oxide Pang yang punya spesialisasi dalam film-film bergenre thriller dengan dua aktor watak senior Hong Kong , Aaron Kwok dan Nick Cheung . Selain mereka masih ada aktris cantik Jiang Yiyan dan aktor senior Chen Kuantai.

 

Chan Tam / Chen Tan (Aaron Kwok) seorang detektif swasta yang berdomisili Thailand datang ke Malaysia untuk menyelidiki kasus pembunuhan orangtuanya. Melalui informasi dari putri Paman Chai yaitu Zhi Hui (Jiang Yiyan) maka Chan Tam berhasil menemui Paman Chai In (Chen Kuan-Tai) untuk mendapatkan informasi mengenai kasus ini.

Paman Chai sepertinya mengetahui informasi mengenai masa lampau orangtua Chantam tetapi seperti ada sesuatu yang disembunyikan. Paman Chai juga mengingatkan agar Chan Tam melupakan saja kasus ini.

Chan Tam tidak mengindahkan peringatan itu dan terus melacak kasus pembunuhan kedua orangtuanya. Merasa kehabisan akal menghadapi kelompok kuat yang membayanginya dengan kekerasan , Chan Tam yang seorang detektif swasta terpaksa meminta bantuan seorang detektif swasta lokal di Malaysia , Zheng Funghei (Nick Cheung).

Detektif Zheng adalah seorang detektif yang nyentrik dan tampak tidak meyakinkan. Dia punya keahlian kungfu aliran Wingchun tetapi ironisnya dia juga punya penyakit asma yang jika kambuh akan mengurangi kemampuannya untuk berkelahi atau melarikan diri jika diperlukan.

Detektif Zheng sempat kecewa karena permasalahan fee dengan Chan Tam , tetapi akhirnya mereka bahu membahu untuk membongkar klompotan yang terlibat dalam pembunuhan kedua orangtua Chan Tam dan saudara kembar Detektif Zheng.

Mereka berdua menghadapi resiko tinggi termasuk nyawa yang setiap saat dapat merenggut mereka dan juga saksi-saksi terkait.

***

Sayangnya , sutradara Oxide Pang kurang berhasil membuat film ini menjadi lebih mencekam daripada spesialisasi dalam film horror-thriller yang menjadi trademarknya (Pang Brothers) selama ini. Terlebih lagi jika “Conspirator” ini dibandingkan dengan “Drug War” (Louis Koo dan Sun Jinglei) yang dirilis hampir berdekatan waktunya dan lebih mencekam .

Walau demikian film ini masih layak untuk disaksikan . Kiprah dua aktor kawakan ini cukup mendongkrak film ini menjadi cukup menarik untuk ditonton. Aaron Kwok berperan sebagai Chan Tam yang hidup dengan muram karena dibayang-bayangi kasus pembunuhan kedua orangtuanya yang misterius. Penampilan Aaron Kwok dalam film ini tidak sebaik penampilannya di film “Cold War”.

Nick Cheung berperan sebagai Detektif Zheng yang punya kecerdasan tinggi dan kemampuan beladiri dengan keterbatasan asma. Dia juga punya masalah pribadi dengan saudara kembarnya. Akting Cheung menghidupkan suasana film ini dengan kadar humor dengan ekspresi wajah dan akting yang kuat. Dan dengan reputasi dua aktor watak Hong Kong , “chemistry” antar keduanya pun terlihat natural.

Aktris cantik Jiang Yiyan menjadi pemanis dalam film ini dengan berperan sebagai gadis yang polos dan memiliki ayah angkat yang diperankan oleh aktor senior Chen Kuan-Tai. Bagi saya , ini adalah penampilan berbeda Jiang Yiyan setelah penampilan seksinya dalam film “The Four”.

Rating : 6.5/10

Review by : Heni ( Bentara ) 

Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/3652-review-film-conspirator-2013

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto