A+ A A-

Kenapa Budaya Tionghoa Mengenal Banyak Dewa?

  • Written by  Ardian Zhang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Kenapa orang Tionghoa memiliki banyak dewa? Itu karena banyak sekali orang yang berjasa dan memberikan kontribusi bagi masyarakat dan juga dikenal memiliki moral yang baik, bersikap baik dan berbakti pada negara.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Kita akan kehabisan waktu kalau harus menyebut satu persatu tokoh mulai dari  Jiang Ziya, Huang Feihu, Wen Zhong, Zhang Fude, lantas ditarik ke Han Xin, Zhang Liang, Zhuge Liang, Guan Gong, Yue Fei, Lin Mo Niang, yang kalau disebutkan terus sepanjang ribuan tahun tidak ada habisnya.

Yang memberi gelar dan pengesahan itu adalah pihak kekaisaran setelah mendapat masukan dari para pejabat setempat dan di informasinya diolah di Li Bu Sang Shu , Kementrian Ritual.

Tetapi ada juga dewa-dewi yang tidak pernah eksis , dan tetap mendapat pengakuan tapi tidak mendapat penganugerahan dari pihak kekaisaran , seperti Giam Lo Ong, Niutou mamian, Hei wuchang , Bai wuchang, Wu Yingjiang dan sebagainya.

Bagi kekaisaran konsep penganugrahan itu perlu dan mutlak untuk kontrol sosial masyarakat dengan memberikan tokoh panutan dan nasib buruk kalau tidak bisa hidup dengan  benar. Malah yang paling menyolok itu kasus Qin Kui yg patungnya ada tapi buat diludahin melulu.

Istilahnya kalau  hidup dengan benar maka saat meninggal juga menjadi dewa tapi kalau hidup tidak benar maka saat meninggal bisa menjadi setan.  Itu sesuai dengan pemikiran Mo Zi dan juga Kong Zi dalam hal ini adalah cara atau suatu sistem kontrol sosial masyarakat dan juga mendorong masyarakat berbuat kebajikan serta menjauhi perbuatan buruk.

Seandainya Tiongkok masih mengadopsi sistem kekaisaran, itu yang namanya Zhu De , Zhou En Lai dan para pahlawan bangsa  pasti mendapat gelar seperti itu.

Dan gak semua tokoh atau dewa bisa mendapat penganugrahan dari kekaisaran.  Misalnya Hu Xian alias Dewa Rubah  yang dari jaman Ming sudah populer dan banyak rakyat jelata yang memohon kepadanya , tidak bakal diberi penganugrahan. Demikian juga Wu Tong , tidak mendapat penganugerahan , malah bisa2 disegel itu tempatnya. Tapi yang namanya Zi Gu alias Dewi Toilet tetap dibolehkan oleh pihak kekaisaran. WHY ?

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing List Budaya Tionghua

Last modified onFriday, 21 September 2012 04:11
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/488-kenapa-budaya-tionghoa-mengenal-banyak-dewa

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto