A+ A A-

Mengapa Falungong Dilarang di Tiongkok?

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Gerakan-gerakan pernafasan Fa Lun Gong sebenarnya merupakan gerakan- gerakan standar dalam Qi Gong atau Dao Yin. Jadi gerakan-gerakan Qi Gong Kesehatan manapun bisa membuat tubuh sehat , menjaga keseimbangan tubuh , membuat pikiran lebih tenang. Misalnya Ba Duan Jing utara dan selatan , Wu Qin Xi , Yi QinJing , Tai Ji QiGong dan lain-lain.



Yang mungkin bermasalah adalah pengakuan Li HongZhi sendiri terutama mengenai masalah dirinya yang menganggap lebih tinggi dari Sakyamuni Buddha dan telah berada diatas surga Da Luo (surga tertinggi kaum Taoist).

Juga pernyataan beliau yang mengatakan bahwa beliau memiliki tubuh dharmakaya atau fa shen untuk menolong murid-muridnya dalam kesulitan ketika berlatih adalah hal yang mungkin benar dan mungkin tidak benar.

Jika kita bandingkan dengan perilaku Li ShaoBo atau alm.Chen YinNing , karakter beliau kalah jauh dibanding ke 2 orang tesebut. Jika anda belajar Qi Gong mungkin perlu juga anda belajar mengenal apa yang disebut Zhou Huo dan Ru Mo.

Zhou Huo adalah kondisi fisik yang salah latihan sedangkan Ru Mo adalah kondisi batin yang salah.

Secara mudahnya Zhou Huo adalah tidak adanya balancing atau keseimbangan dari 3 Jiao sehingga membuat tubuh cepat lelah atau jam biologis tubuh menjadi kacau , tubuh menjadi terlalu panas atau menjadi terlalu dingin.

Artikel Terkait:

{module [201]}

 

Ru Mo adalah persepsi-persepsi salah yang timbul , misalnya keras kepala , menjadi pemarah , emosi yang tidak stabil bahkan terkadang merasa memiliki vision melihat para mahluk suci atau merasa dirinya telah berada diatas yang lain, tidak memiliki rendah hati dan macam- macam kondisi batin yang mempengaruhi perkembangan praktisi.

Ru Mo juga tidak selalu menimpa para praktisi qi gong , tapi bisa juga menimpa mereka yang fanatik akan agamanya. Karena itu pada jaman dahulu para praktisi Qi Gong atau beladiri
lebih ditekankan endurance atau daya tahan dan kesabaran. Kesabaran melatih satu gerakan bertahun-tahun adalah salah satu contohnya.

Semua pelatihan Qi Gong yang benar adalah untuk melatih jiwa dan raga , jadi tidak mutlak milik Fa LunGong saja.

Masalahnya disini misalnya adalah mengenai pembukaan mata ke 3 atau penembusan Ying Tang dengan Ni Wan yang harus dilakukan dengan baik dan atas bimbingan master yang kompeten agar tidak membuat dilusi atau ilusi yang menghantui diri kita. Praktisi Qi Gong sejati lebih bertujuan membuka mata kebijaksanaan atau Hui Yan bukan Tian Yan atau mata dewa/ langit. Saya bukan praktisi Qi Gong jadi mohon maaf jika tulisan saya terkesan menggurui sdri.

Juga kita perlu memahami bahwa PRC ada UU mengenai agama dimana masing-masing umat beragama DILARANG MENGHINA AJARAN lain. Apakah pernyataan Li tidak menghina ajaran lain ? Mungkin pernyataan Li itu yang harus direvisi dan diralat sehingga bisa membuat Li tidak terlihat melanggar UU 54.

Bicara perusakan budaya , tidak hanya Partai Komunis Tiongkok saja yang merusak. Pada saat Republik Tiongkok [Taiwan]  berdiri saja sudah ada pelarangan perayaan Imlek dan pelarangan atau pengekangan terhadap Taoism terutama sekte Zheng Yi. Memang yang terparah adalah yang dilakukan oleh PKC terutama dengan Revolusi Kebudayaannya.

Mengenai pembantaian Tian An Men , maaf, nungkin anda tidak melihat source yang netral. Mayoritas mendengar perkataan Chai Ling tapi tidak pernah mendengar perkataan Hou DeJian. Tapi saya tidak
memungkiri banyaknya rakyat yang ditembak ketika PLA memasuki lapangan Tian AnMen. Yang lebih tidak terdengar adalah penindasan di Lhasa pada tahun 1986.

Saya juga turut prihatin akan adanya represi terhadap penganut Fa LunGong dan juga agama-agama lain misalnya Taoism , Agama rakyat (cat:dikenal sebagai TRIDHARMA) , agama Confucius, Buddhism , agama Kristen , Katolik dan lain-lain. Memang PRC termasuk keras terhadap agama atau isme-isme yang berkembang dalam negaranya. Tapi ini juga karena perjalanan sejarah yang sering direcoki oleh gerakan-gerakan yang berbau keagamaan. Dan tambahan informasi , Yi Guan Dao termasuk sekte terlarang di Taiwan hingga tahun 1986.

hormat saya ,

Xuan Tong

Budaya-Tionghoa.Net | 11663

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/600-mengapa-falungong-dilarang-di-tiongkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto