A+ A A-

Sejarah Musik Tiongkok

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Musik merupakan refleksi pikiran dan cita rasa masyarakat tentang seni dan keindahan. Musik Tionghoa memiliki keunikan tersendiri dan juga perjalanan sejarah yang panjang dan muncul dalam berbagai varian di Tiongkok yang luas. Musik Tionghoa memiliki sejarah yang panjang. Seruling dengan bahan tulang ditemukan di Henan di masa Neolitikum lebih dari dari 8000 tahun yang lalu, berbagai relik instrumen musik ditemukan menggambarkan kemampuan bermusik pada masyarakat Tiongkok kuno.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Dikatakan bahwa musik Tiongkok juga terkait pada figur Huangdi yang meminta Ling Lun untuk mengembangkan sistem suara berdasarkan tinggi dan rendah nada. Sistem itu kemudian disebut "Lu". Menurut legenda , Lun menemukan pipa bambu dan mendengarkan dengan hati-hati nyanyian Phoenix. Dia kemudian membuat pipa bambu kedalam 12 pipa Lu kemudian disebut sebagai "12 Lu".

Bukti arkeologis menemukan bahwa asal usul musik Tiongkok lebih tua daripada legenda Lun. Sebuah seruling dari tulang ditemukan di desa Jiahu, Wuyang , Provinsi Henan. Bukti lain adalah penemuan xuns yang terbuat dari tanah liat di situs Hemudu di Zhejiang dan Banpo di Xi'an yang diperkirakan berusia 6000 tahun.

Dalam periode Chunqiu dan Zhanguo [warring states] , musik berkembang dengan cepat termasuk berbagai jenis instrumen musik yang digunakan oleh masyarakat pada waktu itu dengan klasifikasi 8 nada [bayin].

Dimasa Dinasti Tang [618-907] , negara mulai mengembangkan manajemen musik dan organisasi pendidikan musik . Dimasa Dinasti Song [960-1279] , opera Tiongkok semakin matang. Dimasa Dinasti Yuan [1279-1368] gaya utara dan selatan terbentuk dan berbagai karya klasik tercipta termasuk "The Justice to Dou E" dan "The Romance of The Western Chamber". Musik Tiongkok telah digunakan untuk mengekspresikan emosi manusia.

Di masa Dinasti Ming dan Dinasti Qing , musik menjadi semakin populer dikalangan rakyat dan berbagai jenis opera berkembang. Selepas Perang Candu di pertengahan abad 19 , musik Tiongkok dan musik barat berinteraksi. Pertemuan antara Barat dan Timur ini lebih awal terjadi di masa misi diplomatik Zhang Qian dimasa Dinasti Han ke arah barat Tiongkok [sekitar kawasan Asia Tengah]. Informasi mengenai instrumen musik, tarian dari kawasan Asia Tengah masuk ke Tiongkok melalui jalan sutera yang membuat musik semakin berwarna.

Sejauh ini lagu-lagu rakyat diperkirakan berjumlah 300 ribu lagu . Ada sekitar 200 instrumen musik dengan berbagai variasi dan genre. Chinese Quyi dan opera sebagai genre terpenting dalam musik  terbagi dalam 200 kategori dan kemudian berkembang menjadi 360 kategori.


 

Last modified onThursday, 18 October 2012 16:58
Rate this item
(11 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/922-sejarah-musik-tiongkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto