A+ A A-

Menangkap Ikan Dengan Bantuan Burung Lu Ci 鸕鷀

  • Written by  Ardian Zhang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Dulu saat sekolah pernah dengar kisah para nelayan yang menangkap ikan dengan burung, sayangnya tidak pernah melihat langsung dengan mata kepala sendiri, dan tidak pernah lagi terlintas dalam pikiran bahwa saya mendapat kesempatan menyaksikan secara langsung nelayan yang menggunakan burung untuk menangkap ikan.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Foto-foto ini saya ambil ketika berwisata ke sungai Yu Long jiang 遇龍江di Yangshuo 陽朔. Burung ini disebut lu ci 鸕鷀 atau masyarakat pada umumnya nelayan menyebutnya 魚鷹 atau burung rajawali ikan. Ribuan tahun orang Tiongkok melatih burung ini untuk menangkap ikan, dan lehernya diikat agar ikan buruannya tidak dimakan olehnya. Biasanya burung ini diberi makan sehari sekitar 1 kg makanan yang bisa berupa ikan buruannya atau daging lainnya dan setelah makan biasanya tidak bernafsu untuk berburu lagi.

Rata-rata burung muda yang berumur 2 bulan sudah dilatih untuk berburu dan kira-kira 3 bulan sudah bisa dimanfaatkan untuk menangkap ikan. Menurut penuturan nelayan yang sempat saya tanya, sekarang ini sudah jarang orang yang menggunakan burung ini untuk menangkap ikan.

 

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 24 October 2012 14:20
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/968-menangkap-ikan-dengan-bantuan-burung-lu-ci-%E9%B8%95%E9%B7%80

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Tionghoa

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto