A+ A A-

Sin Cun Tahun Gui-si - Shio Ular

  • Written by  Anthony HockTong Tjio
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Berlainan kalender Gregorian dari Imlek adalah mengenai hari awal musim semi. Vernal Equinox yaitu dimana waktu siang dan malam hari sama 12 jam panjangnya,  yang biasanya jatuh pada minggu ketiga bulan Maret, dinyatakan hari permulaan musim semi dikalender Barat. Pada tahun 2013 akan tiba pada tanggal 20 Maret. Sedangkan menurut  Imlek, permulaan Semi adalah 5 hari sebelum tahun baru, yaitu pada tanggal 24 bulan duabelas La Ge (ge=bulan, la=pekasam), ditahun 2013 adalah pada tanggal 4 Februari.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Maka, tahun baru Imlek pada tanggal 10 Februari 2013 adalah tanggal 1 bulan satu (Iet Ge) disebut Sin Cun (cun=semi, sin=baru). HariTahun Baru Imlik dirayakan sebagai Hari Raya Besar Musim Semi Baru atau Sin Cun Ke Cia yang selalu disingkat Sin Cia dalam dialek Hokkian. Jadilah ucapan Selamat Tahun Baru Imlek sebagai Sin Cun Kiong Hie.

Batang Langit dan Dahan Bumi.

Sejak purba orang Tionghoa telah pandai mencatat sejarah dan kejadian secara  kronologis tahun. Diperkirakan menurut kepercayaan bahwa leluhur Bangsa Tionghoa Huang Di yaitu Yellow Emperor pada sekitar 2700 tahun Sebelum Masehi mengutus pembantunya Da Rao Shi menciptakan kalender yang berdasarkan atas gejala perubahan  alamiah antara langit, bumi dan musim. Maka dirumuskanlah Perurutan 10 Batang Langit dan 12 Dahan Bumi (Tian Gan Di Zhi).

10 Batang Langit: Jia, Yi, Bing, Ding, Wu, Ji, Geng, Xin, Ren dan Gui.

12 Dahan Bumi dan simbol (Sio): Zi (tikus), Chou (lembu), Yin (macan), Mao (kelinci), Chen (liong), Si (ular), Wu (kuda), Wei (kambing), Shen (monyet), You (ayam), Xu (anjing) dan Hai (babi).

Tabel : Dizhi - Xingxiu , by King Hian

Urutan tahun ditetapkan berdasarkan kombinasi dari mengambil satu batang langit dan satu dahan bumi, dan tahun 2013 ini jatuh pada urutan batang langit Gui yang bergabung dengan urutan dahan bumi Si yang menyimbulkan Ular, tahun ini adalah tahun Gui-Si.

Dengan sistem urutan kombinasi antara 10 batang langit dan 12 dahan bumi, maka setiap 60 tahun akan mengulang kembali sebagai satu siklus.[1] Yaitu mulai dari kombinasi Jia dan Zi (tahun tikus), maka Tikus adalah sio yang pertama, dan satu ulangan Jiazi  berarti 60 tahun, usia 60 tahun juga disebut hua-jia berarti Jia bunga.

12 Dahan Bumi selain merupakan simbol sio juga merupakan penghitungan jam dalam sehari. Maka jam Tionghoa terbagi dalam 12, yaitu dua pukul Barat merupakan satu shi (jam). Mulai tengah malam antara pukul 23 dan 1 adalah  Zi-shi, dan tengah hari antara pukul 11 dan 13 adalah Wu-shi. Hukuman mati selalu dilaksanakan pada wu-shi san-ke yang artinya pukul 12:30, dan lokasi eksekusi terhadap kriminal pemerintah juga disebut Wu-men yaitu Gerbang Wu di Forbidden City, Beijing (yaitu gerbang masuk  Museum Istana Beijing dibelakang Tian An Men). (Catatan Admin : Wu Men itu masih pintu istana. Tidak ada yang memenggal orang di pintu rumah sendiri. Tempat eksekusi jaman dulu = di Cai Shi Kou.)

Sio Ular.

Zodiak Imlik terdiri dari 11 simbol binatang dan 1 naga (liong). Ular atau coa /she adalah urutan tahun ke-6. Tahun lalu adalah tahun Liong, maka tahun Ular ini juga disebut naga kecil yang tibanya tepat pada hari pertama Cun/Semi tanggal 24 La Ge 4710atau tanggal 4 Februari 2013.

Baik dalam dunia Barat maupun Timur, zodiak bersangkutan dengan ramalan astrologi atau horoskop. Astrologis Tionghoa adalah berdasarkan 5 unsur alamiah yaitu dalam urutan emas, air, api, kayu dan tanah. Dalam sirkus setiap 12 tahun akan bergilir satu unsur yang bersangkutan dengan Dahan Bumi diatas. Dalam sirkus masa ini adalah unsur Air, maka Gui-Si juga disebut tahun Ular Air. Karena juga air termasuk dalam warna simbolik hitam, maka tahun 2013 juga disebut Tahun Ular Hitam.

Sio Ular melambangkan kesabaran, toleran dan mengerti berpuas hati. Juga, panjang umur. Ular yang diam dan tenang, penyegan, waspada dan menyendiri, tidak menyerang kecuali terganggu atau sedang kebutuhan makan, namun tidak rakus. Bertajam lidah adalah senjata yang dimilikinya, kepandaian berbincang yang juga bisa mengakibatkan kehancuran dalam persahabatannya.

Dalam hikmah Tionghoa mengatakan bahwa alamat baik bila memiliki Ular dalam rumah tangga, yang maksudnya keluarga ini tidak akan kekurangan sandang pangan dengan keberadaannya. Ini mengkiaskan bahwa Ular adalah seorang pengantara ungul dan pengusaha canggih, ataupun sedia berkorban diri demi kepentingan dan kebutuhan keluarganya. Ular juga sengit, trampil dan waspada, tidak mudah gugup. Ular berbudi bahasa baik tetapi juga bersamaan memiliki sisi yang jahat. Tidak begitu saja berputus asa, bila sudah menjadi buruannya akan berdaya upaya tanpa ragu-ragu untuk memilikinya.

Ular Hitam pada umumnya memiliki daya pengaruh dan wawasan. Mereka adalah pengorganiser yang canggih dan pandai menata bawahannya. Mereka cendekia dan penuh daya dorong, untuk mempertetapkan keberhasilan. Segala hasrat mereka akan dilaksanakan, perduli apa akibatnya nanti asal bisa mendapatkan penghargaan orang. Mereka sangat sayang kepada keluarga dan sahabat, tetapi bersikap lain terhadap sejawat atau nasabah mereka.

Ular termasuk unsur api, namun tahun ini adalah dalam masa unsur air. Maka Ular Air berupa api didalam air tahun ini. Nasehat bagi kaum Shio Ular ditahun 2013, bila masabodo bermain api, bisa terbakar dirinya.

Diceritakan oleh: Anthony HockTong Tjio. 

Alhambra,CA  USA ,  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa |  


[1] Selama ini banyak orang menganggap bahwa horoskop Tionghua 'hanya' mengenal 60 kombinasi (berdasarkan tahun kelahiran saja). Sesungguhnya setiap komponen kelahiran (tahun, bulan, hari, jam) mempunyai 60 kombinasi., sehingga total ada 60 x 60 x 60 x 60 = 12.960.000 kombinasi yang berbeda. http://web.budaya-tionghoa.net/budaya-tionghoa/festival-a-event/44-kalender-matahari-dan-kalender-bulan

 

Last modified onTuesday, 05 February 2013 08:28
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/konten/esai/item/2682-sin-cun-tahun-gui-si-shio-ular

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto